Kompas.com - 18/09/2018, 16:27 WIB
Bocoran punggung Nokia dengan lima lensa kamera belakang GSM ArenaBocoran punggung Nokia dengan lima lensa kamera belakang

KOMPAS.com - Rumor peluncuran flagship Nokia 9 memang sudah lama terdengar. Nokia 9 sempat disebut meluncur tanggal 21 Agustus lalu, namun hingga hari ini, belum nampak batang hidungnya.

Kabar terbaru justru menyebut HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia disebut akan menunda debut Nokia 9 hingga tahun depan. Sumber dalam menyebut keputusan ini seolah mengulang riwayat Nokia 8 Sirocco.

Ia menyebut, flagship itu sejatinya meluncur pada tahun 2017, namun akhirnya mundur tahun berikutnya yang dibarengkan dengan agenda Mobile World Congrees 2018, di Barcelona.

Alasanya, menurut Chief Production Officer Nokia, Juho Sarvikas, Nokia 8 Sirocco kala itu belum siap dilepas. Mobile World Congress 2019 juga disebut akan menjadi momentum peluncuran Nokia 9 tahun depan.

Baca juga: Nokia 9 dengan Lima Kamera Belakang Semakin Jelas

Nokia 9 diperkirakan masih akan mengandalkan chipset Snapdragon 845 untuk bersaing di segmen flagship. Rumor soal penta-lens atau lima lensa kamera di Nokia 9 juga diklaim telah dikembangkan sejak awal tahun lalu.

Dilaporkan Uber Gizmo yang dirangkum KompasTekno, Selasa (18/9/2018), pengembangan lima kamera yang memakan waktu cukup lama ditambah penundaan peluncuran Nokia 9, kabarnya memicu kemarahan karyawan HMD Global.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka yang telah menggarap perangkat tersebut sejak lama dan menyukai konsep unik lima kamera, merasa jika konsep tersebut berkeja dengan baik di model purwarupa. Artinya, flagship ini seharusnya sudah siap diperkenalkan tahun ini.

Beberapa karyawan dikatakan sengaja mengumbar konsep ponsel lima lensa kamera yang beredar di dunia maya akhir-akhir ini sebagai bentuk aksi protes.

Memang, HMD Global tidak mengonfirmasi hal ini secara resmi maupun menolaknya, namun sepertinya alasan tersebut cukup masuk akal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Uber Gizmo
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.