Smartfren Siap Pakai e-SIM untuk iPhone XS dan XR - Kompas.com

Smartfren Siap Pakai e-SIM untuk iPhone XS dan XR

Kompas.com - 18/09/2018, 17:36 WIB
Ketiga iPhone yang dirilis tahun 2018 ini menggunakan prosesor A12 Bionic dengan arsitektur 7nm yang diklaim berkali kali lebih cepat dari prosesor generasi sebelumnya. The Verge Ketiga iPhone yang dirilis tahun 2018 ini menggunakan prosesor A12 Bionic dengan arsitektur 7nm yang diklaim berkali kali lebih cepat dari prosesor generasi sebelumnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi Smartfren mengaku tengah mengembangkan teknologi e-SIM yang tak lagi berbentuk kartu fisik.

Teknologi ini pertama kali diterapkan di lini smartwatch, lantas Apple pun mengimplementasikannya di trio iPhone XS, XS Max, dan XR.

Smartfren diketahui sebagai mitra resmi untuk bundling paket seluler dengan lini iPhone di Indonesia. Karenanya, Smartfren pun harus beradaptasi dengan inovasi e-SIM yang digencarkan Apple.

"Kami sudah lama mempersiapkan teknologi e-SIM. Kira-kira dari tahun ini. Jadi tinggal beberapa klik lagi (tahapannya). Kalau urusan teknologi harusnya kami sudah siap menggelar," kata Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, Selasa (18/9/2018), usai peluncuran paket baru Smartfren di SCBD, Jakarta.

"Kalau kami fokus di sini, mungkin Smartfren akan jadi operator pertama yang mendukung e-SIM," ia menambahkan.

Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, Selasa (18/9/2018), usai peluncuran paket baru Smartfren di SCBD, Jakarta.
Fatimah Kartini/KOMPAS.com Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, Selasa (18/9/2018), usai peluncuran paket baru Smartfren di SCBD, Jakarta.
Baca juga: Mengenal Teknologi e-SIM pada iPhone XS dan XS Max

Kendati demikian, Djoko masih enggan menyebut kapan teknologi e-SIM resmi diluncurkan.

Ia juga masih bungkam soal peluncuran iPhone teranyar di Indonesia yang di-bundling dengan paket Smartfren.

"Kalau soal kapannya itu harus tanya ke orang Apple-nya. Kami belum ada informasi. Yang jelas, kami adalah official partner Apple di Indonesia," ia menegaskan.

Diketahui, iPhone XS, XS Max, dan XR, hadir dengan berbagai inovasi.

Salah satu yang paling signifikan adalah kehadiran dual SIM, satu berbentuk fisik dan satunya lagi e-SIM.

Di beberapa pasar, Apple masih menghadirkan varian dual SIM yang keduanya berformat fisik. Belum jelas varian mana yang bakal hadir di Tanah Air. Kita tunggu saja.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Spesifikasi iPhone XS, XS Max, dan XR

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X