Urutan Postingan di Linimasa Twitter Bakal Kembali Seperti Dulu

Kompas.com - 19/09/2018, 09:16 WIB

KOMPAS.com - Twitter hendak memberikan kontrol lebih bagi pengguna dalam menentukan seperti apa pengalaman menggulir linimasa (scrolling timeline) yang diinginkan. Hal ini diumbar melalui rentetan kicauan akun resmi Twitter Support  (@TwitterSupport).

Pengguna bisa memilih apakah ingin urutan linimasanya terkurasi berdasarkan kicauan yang dianggap paling penting, atau sesuai kronologis terbalik (reverse chronological order) seperti dahulu, tweet terbaru muncul paling atas, disusul tweet sebelum-sebelumnya di bawah.

Twitter sadar bahwa urutan linimasa yang terkurasi yang diberlakukan sejak 2016 tak selalu memuaskan pengguna. Kerap kali linimasa justru sesak dengan selipan iklan, kicauan yang disukai teman, kicauan dari orang yang diikuti teman, dan sebagainya.

Baca juga: Riset: Facebook Lebih Jago Basmi Hoaks Ketimbang Twitter

Tak jarang pengguna justru bingung karena kicauan teman sejak berjam-jam lalu terus-terusan muncul di urutan teratas, sementara kicauan terbaru sulit ditemukan.

Kendati demikian, ada pula yang suka dengan linimasa terkurasi. Pasalnya, pengguna lebih mudah menemui kicauan-kicauan yang sedang populer pada saat tertentu.

Melihat adanya nilai plus dan minus ini, maka Twitter memperbolehkan pengguna memilih sendiri jalan mana yang terbaik bagi masing-masing. Dalam pembaruannya, Twitter bakal menyematkan penyetelan “Show the best Tweets first” (tunjukkan kicauan terbaik pertama).

Penyetelan itu berbentuk toggle. Pengguna bisa menyalakan toggle untuk mengaktifkannya, atau mematikan toggle untuk merasakan kembali linimasa berbasis urutan waktu dari kicauan terbaru hingga terlama.

Belum diumbar kapan opsi ini berlaku bagi seluruh pengguna.Twitter hanya mengatakan bakal menguji coba opsi ini dalam beberapa pekan mendatang. Kita tunggu saja!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.