Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti iOS 12 Bikin iPhone 5s, 6s, dan 7 Jadi Lebih Kencang

Kompas.com - 19/09/2018, 13:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembaruan sistem operasi iOS resmi digulirkan Apple 17 September kemarin, setelah diperkenalkan bulan Juni lalu saat acara WWDC 2018.

Apple menjanjikan iOS 12 bisa meningkatkan performa lini iPhone dibanding iOS 11.

Janji tersebut ternyata dipenuhi vendor asal Cupertino itu bahkan sejak iOS 12 masih dalam format beta.

Menariknya, iOS 12 bisa semakin meningkatkan kecepatan lini iPhone lawas yang sempat  dikeluhkan makin lelet sejak menggunakan iOS 11.

Untuk diketahui, pengguna iPhone 5s ke atas, iPad Mini 2 ke atas, dan iPod Touch terakhir yang sebelumnya menggunakan iOS 11, bisa upgrade ke iOS 12.

Dari laporan Engadget yang dirangkum KompasTekno, Rabu (19/9/2018), uji coba kecepatan dilakukan pada perangkat iPhone 6s yang rilis tahun 2015 lalu. Perubahan signifikan sudah bisa dirasakan bahkan sebelum melakukan set-up iOS 12.

Pemasangan update iOS terasa lebih cepat, tidak makan waktu lama. Hal yang sama juga terjadi di perangkat iPhone 8 Plus.

Setelah terpasang, pengoperasian perangkat diklaim lebih ringan, termasuk saat membuka kamera atau membuka kunci layar.

Baca juga: iOS 12 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Pengalaman UI (antarmuka) iOS 12 juga disebut lebih menarik. Animasi untuk membuka dan menutup aplikasi terasa lebih smooth, termasuk membuka perangkat menggunakan Touch ID, menggeser Notification Center, dan menggeser layar menuju widget.

Di fitur Messaging, Apple menjanjikan keyboard pop-up yang lebih cepat dan akhirnya hal itu terwujud. Selain itu, iPhone 6s juga dirasa lebih responsif setelah diperbarui ke iOS 12.

Uji kecepatan iPhone 5s, 6s, dan 7

iPhone 5s yang notabene lebih tua dibanding iPhone 6s juga mendapat tambahan energi baru dari iOS 12.

Dilaporkan Cult of Mac, setelah menguji coba benchmark iPhone 5s yang berjalan dengan iOS 12 menggunakan Geekbench, hasil skornya cukup memuaskan meski tidak signifikan.

Untuk multi-core, iPhone 5s memperoleh skor 2.252, lebih banyak dibanding iPhone 5s yang berjalan di iOS 11 dengan skor multi-core 2.207. Sementara skor single-core disebut naik 1,6 persen pada iOS 12.

Baca juga: iOS 12 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Saat masih dalam format beta, iAppleBytes sempat membuat video perbandingan iOS 11 dan iOS 12 beta pada perangkat iPhone 5s yang bisa disaksikan dalam video di bawah.

Tak ketinggalan dengan iPhone 7, di mana multi-core pada iOS 12 naik 1,6 persen, sementara pada single-core hanya meningkat kurang dari 1 persen dibanding iOS 11.

Secara keseluruhan, bagi iPhone yang sudah berumur, pembaruan iOS 12 terasa lebih bertenaga dibanding sebelum-sebelumnya.

Berikut video bukti tiga iPhone lawas tersebut jadi lebih cepat setelah di-update ke iOS 12:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com