Pengguna iPhone Lawas Jangan Ragu Update iOS 12

Kompas.com - 19/09/2018, 14:15 WIB
Update iOS 12 akan hadir di perangkat-perangkat Apple, termasuk yang lawas sejak 2013. BGRUpdate iOS 12 akan hadir di perangkat-perangkat Apple, termasuk yang lawas sejak 2013.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Fitur sistem operasi mobile iOS besutan Apple semakin lama semakin canggih. Pembaruan sistem operasi iOS selalu dikeluarkan Apple setiap tahunnya dan perangkat lawas dijanjikan bisa menggunakannya.

Namun, pengguna gadget Apple kadang merasa takut untuk melakukan upgrade meski perangkatnya didukung. Alasannya, khawatir kinerja bakal menurun seiring dengan hadirnya kemampuan baru.

Namun agaknya kekhawatiran tersebut tak bakal terjadi pada sistem operasi mobile mendatang dari Apple, iOS 12. Alih-alih membenani kinerja perangkat, iOS 12 justru bisa membuat gadget makin ngebut.

Setidaknya inilah yang tampak dari hasil pengujian singkat yang dilakukan oleh kanal YouTube iApple Bytes, menggunakan dua unit iPhone 5S keluaran tahun 2013.

Salah satu ponsel yang berumur 5 tahun itu menjalankan iOS 11.4.1. Lalu, yang lainnya dipasangi iOS 12 beta 8. Versi final iOS 12 memang baru dirilis awal pekan ini.

Kedua iPhone 5S diletakkan berdampingan dan diuji dengan melakukan aktivitas yang sama, untuk melihat perbedaaan kecepatan di antara mereka.

Hasilnya, seperti dirangkum KompasTekno dari Cult of Mac, Rabu (19/9/2018), iPhone 5S dengan iOS 12 beta 8 tampak mampu menjalankan segala sesuatu dengan lebih cepat dibanding saudaranya yang dibekali iOS 11.4.1.

Perbedaan itu sudah tampak jelas sedari awal. Waktu booting iPhone 5S dengan iOS 12 beta 8 hampir 20 persen lebih cepat  dari iPhone 5S dengan iOS 11.4.1.

Begitu juga saat melakukan aktivitas lain, mulai dari scrolling message hingga membuka album foto iOS 12 beta 8 selalu lebih gesit, bahkan saat membuka keyboard on-screen bawaan iPhone pun lebih cepat.

Baca juga: iOS 12 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Bagaimana dengan model yang lebih baru seperti iPhone 7? Video pengujian serupa yang dilakukan oleh iApple Bytes menunjukkan bahwa iOS 12 beta 8 juga membuat iPhone 7 lebih kencang, tapi perbedaan kinerajanya tak sedramatis di iPhone 5S.

Perlu ditekankan bahwa pengujian iApple Bytes dilakukan dengan iOS 12 versi beta 8. Dibandingkan versi final, seharusnya peningkatan kinerja lebih terasa lagi karena tiap versi beta (1 hingga 8) pun sudah memeberikan peningkatan kinerja.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Spesifikasi iPhone XS, XS Max, dan XR

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X