Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Apresiasi Pembeli Aplikasi Berbayar lewat Play Points

Kompas.com - 19/09/2018, 17:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google punya cara sendiri untuk memberikan imbalan bagi pengguna yang royal untuk memasang aplikasi berbayar dari Google Play Store.

Perusahaan raksasa teknologi itu baru saja meluncurkan program Google Play Points. Namun, alih-alih meluncurkannya di negara asal Amerika Serikat, Google justru menggulirkan Google Play Points di Jepang.

Jika kebetulan saat ini sedang berada di Jepang, Anda bisa berkesempatan menjajalnya. Syarat utamanya, Anda harus memiliki perangkat Android dengan aplikasi Google Play, akun Google, dan metode pembayaran yang valid.

Kemudian buka "Menu" di Google Play Store, pilih Google Play points dan ketuk "Join". Setelah bergabung dalam program Google Play Points, setiap pembelian aplikasi dan game di Google Play akan terakumulasi menjadi poin.

Komisi akan diberikan bagi pengguna yang berbelanja aplikasi atau game berbayar, pembelian dalam aplikasi (in-app purchases), berlangganan dalam aplikasi (in-app subscriptions), Google Play Books, Google Play Movies, dan Google Play Music.

Baca juga: Cara Tukar Go-Points dengan Hadiah di Go-Jek

Ada lima level kategori poin sesuai aplikasi yang dibeli, yakni Bronze, Silver, Gold, Platinum, dan Diaomond. Selengkapnya bisa dilihat di foto di bawah ini.

Daftar harga dan poin program Google Play PointPhone Arena Daftar harga dan poin program Google Play Point

Jika sudah terkumpul, poin-poin tersebut bisa digunakan untuk membeli Google play Credit atau membelanjakannya langsung di Google Play Store untuk membeli aplikasi atau game.

Pengguna bisa keluar dari program tersebut kapan pun, namun konsekuensinya akan kehilangan semua poin dan semua keuntungan yang telah diperoleh.

Baca juga: Google Play Store Catat Rekor Unduhan Aplikasi Terbanyak

Google Play Points juga berlaku untuk pembelian aplikasi atau game diskonan dan penggunaan Google Play Credit. Namun Google play Credit yang didapatkan melalui poin dari Google Play Point, akan kedaluwarsa setahun setelahnya.

Perlu dicatat, bahwa pundi-pundi yang diperoleh dari Google Play Points, tidak bisa ditransfer ke akun orang lain. Belum diketahui apakah Google akan menyebarkan program ini ke negara lain, atau hanya akan menjadi program khusus di wilayah tertentu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com