Bos Apple Jelaskan Kenapa Harga iPhone Mahal

Kompas.com - 20/09/2018, 07:08 WIB
Spesifikasi utama iPhone XS dan iPhone XS Max IstimewaSpesifikasi utama iPhone XS dan iPhone XS Max
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Ponsel iPhone bikinan Apple menunjukkan kecenderungan harga yang meningkat. Bahkan, iPhone XS Max dengan layar 6,5 inci menjadi iPhone termahal sepanjang sejarah Apple, dengan banderol harga mencapai 1.449 dollar AS (Rp 21,6 juta).

Harga iPhone XS Max berada di atas model termahal sebelumnya, iPhone X yang dijual 1.149 dollar AS (Rp 17,1 juta) untuk varian tertinggi pada saat peluncuran.

CEO Apple, Tim Cook rupanya menyadari ponsel besutan perusahaannya menjadi sorotan, lantaran banderol harga yang makin mahal. Dalam sebuah wawancara di Amerika Serikat, dia berupaya menjelaskan kenapa jajaran iPhone terbaru dihargai tinggi.

Cook beralasan iPhone 2018 merupakan model-model tercanggih dari Apple sajauh ini.

Mereka pun disebutnya bisa menggantikan peran beberapa perangkat sekaligus, misalnya music player dan kamera video, sehingga pemilknya tak perlu lagi memiliki perangkat-perangkat itu secara terpisah.

Baca juga: Menengok Harga iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR di Apple Store Singapura

“(iPhone) Menggantikan semua perangkat berbeda ini,” ujar Cook, dalam wawancara dengan ABC yang dirangkum KompasTekno dari CNBC tersebut, Kamis (20/9/2018).

“Jadi, produk ini sangat penting. Kami melihat bahwa konsumen ingin memiliki produk yang  paling inovatif. Ini tidak murah untuk diwujudkan,” imbuh Cook.

Konsep “menggantikan perangkat lain” sebenarnya bisa saja dilakukan oleh ponsel berbeda yang harganya lebih murah. Misalnya, iPhone 7 dan iPhone 8 bikinan Apple sendiri yang harganya belakangan diturunkan, menyusul kehadiran trio iPhone baru.

Model termurah dari ketiga iPhone anyar adalah iPhone XR, dengan banderol mulai 749 dollar AS atau sekitar Rp 11,2 juta. Itu pun untuk varian terendah dengan storage 64 GB.

Kendati trio iPhone XR, XS, dan XS Max dijual mahal, Cook berargumen konsumen -di Amerika Serikat- yang membeli dengan sistem kontrak operator seharusnya tak perlu merogoh kocek dalam-dalam di satu waktu, karena pembayaran dilakukan dengan mencicil.

Baca juga: Ongkos Reparasi iPhone XS Max Bisa Dipakai Beli iPhone 8 Baru

“Jadi, kalaupun Anda membeli ponsel seharga lebih dari 1.000 dollar AS, kebanyakan orang hanya membayar 30 dollar AS sebulan atau 1 dollar AS per hari,” ujar Cook.

Tentu, ini tak berlaku buat konsumen yang membeli iPhone secara unlocked, non-kontrak dengan operator, seperti dalam kebanyakan kasus di Indonesia. Harganya harus dibayar penuh di awal.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Spesifikasi iPhone XS, XS Max, dan XR

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X