Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Luncurkan PlayStation Classic, Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 20/09/2018, 08:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sony mengikuti jejak Nintendo yang meluncurkan kembali konsol orisinilnya dalam versi mini, yakni NES dan SNES Classic.

Untuk pertama kalinya, Sony akan merilis versi mini konsol PlayStation lawas (PS1) dengan nama baru, PlayStation Classic.

Konsol PlayStation Classic akan mulai dijual 3 Desember 2018, tepat 24 tahun PlayStation pertama dirilis di Jepang. Di tanah kelahirannya, PlayStation Classic akan dijual seharga 9.980 yen (sekitar Rp 1,3 jutaan).

Sesi pemesanan saat ini juga telah dibuka bagi konsumen di AS, melalui situs Gamestop, BestBuy, dan Walmart.

Dibanding versi orisinil. PlayStation Classic 2018 ukurannya menciut 45 persen. Namun, desain dan warnanya, masih sama dengan konsol PS tahun 90-an. Meski memiliki desain serupa, namun ada beberapa fitur orisinil yang diperbarui.

Seperti slot kartu memori yang mengecil yang tidak bisa berfungsi lagi. Laci untuk memutar kaset CD juga akan menjadi hiasan saja, yang artinya tidak akan terbuka meski ada tombol "open".

Baca juga: Nintendo Ungguli PlayStation dan Xbox dengan Konsol Lawas

Tombol tersebut berubah fungsi untuk mengganti CD virtual. Sementara tombol "reset" saat ini akan berubah fungsi menjadi tombol "suspend" untuk menjeda game dan menyimpan progresnya untuk dimainkan lagi nanti.

Perbandingan ukuran PS 1 yang rilis tahun 1994 (kanan) dan PS Classic mini yang rilis 2018 (kiri)Sony via The Verge Perbandingan ukuran PS 1 yang rilis tahun 1994 (kanan) dan PS Classic mini yang rilis 2018 (kiri)
Setiap unit akan memiliki sambungan HDMI untuk menghubungkan ke televisi dan sebuah kabel USB. Namun untuk AC adapter akan terjual terpisah.

Sony juga menawarkan dua kontroler klasik PS1 yang mendukung game multiplayer setiap pembelian bundling.

Konsol ini turut memboyong 20 game legendaris bergenre khusus secara pre-loaded, termasuk Final Fantasy VII, Tekken 3, dan Ridge Racer Type 4.

Baca juga: Sony Perkenalkan PlayStation 4 Edisi “500 Juta”

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (20/9/2018), Sony memang belum merilis daftar game apa saja yang bakal diangkut. Namun kabarnya, Jumping Flash dan Wild Arms akan diikutsertakan.

Dari laman resminya, Sony mengindikasikan jika PlayStation Classic di setiap negara bisa berbeda-beda. Sony juga mengonfirmasi jika sistem konsol ini tidak akan mendukung game unduhan tambahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com