Sutradara “Crazy Rich Asians” Merekam Film dengan iPhone XS Max

Kompas.com - 20/09/2018, 12:20 WIB
Harga dan varian iPhone XS Max. IstimewaHarga dan varian iPhone XS Max.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Merekam video dengan ponsel bukan hal aneh lagi di era smartphone. Bahkan, jika diinginkan, gadget ini pun bisa dipakai untuk membuat film macam yang dilakukan oleh Jon M. Chu.

Sang sutradara film Crazy Rich Asian itu diberikan ponsel iPhone XS Max terbaru oleh Apple sebelum waktu peluncuran untuk dipakai dalam sebuah proyek film pendek khusus, bekerja sama dengan Wired

Chu pun membuat film dengan merekam aktivitas bintang breakdance Luigi Rosado yang sedang berlatih di garasi rumahnya di kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Saat merekam film pendek berjudul Somewhere tersebut, hanya bermodal ponsel iPhone XS Max saja tanpa tambahan hardware atau software untuk post-processing. 

“Saya benar-benar tak pakai alat lain,” ujar Chu, “Saya melihat banyak sampel video iPhone, dan kadang pembuatnya memakai tambahan lensa atau lampu. Saya tak menggunakan itu semua,” lanjut dia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Kamis (20/9/2018).

Chu memang sengaja ingin menguji video iPhone XS Max hingga “kemampuan maksimal”. Dia pun sengaja memilih waktu perekaman pada malam hari, dengan penerangan lampu fluorescent. 

Baca juga: Bos Apple Jelaskan Kenapa Harga iPhone Mahal

Puji warna 

Semua shot direkam (dalam resolusi 4K) tanpa bantuan alat stabilisasi macam gimbal, dolly, atau crane. Chu harus mengandalkan fitur peredam goyangan (OIS) pada sang iPhone.

Rekamannya pun tampak agak goyang, meski masih termasuk mulus mengingat Chu juga merekam sambil berjalan. Kendala lain termasuk ficker dari lampu yang sangat kentara ketika Chu menampilkan video slow motion 240 FPS.

Meski demikian, Chu memuji kualitas perekaman video iPhone XS Max, terutama dari segi warna yang berhasil diseimbangkan hingga relatif netral di bawah pencahayaan artifisial, walau sedikit mengarah ke tone kekuningan (warm).

“Di kondisi siang hari, warna cenderung sedikit dingin (kebiruan). Namun saat merekam malam hari, tone menjadi lebih hangat,” ujar Chu.

Dengan layar OLED 6,5 inci dan kamera ganda, iPhone XS Max adalah model iPhone termahal sepanjang sejarah perangkat tersebut. Banderolnya mencapai 1.449 dollar AS atau lebih dari Rp 21 juta untuk varian tertinggi dengan storage 512 GB.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

Seperti apa hasil rekaman videonya? Simak film pendek Somewhere bikinan Chu di YouTube atau situs Wired lewat tautan berikut.


KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Spesifikasi iPhone XS, XS Max, dan XR



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X