Dokumen Android Pie Ungkap 4 Model Samsung Galaxy S10

Kompas.com - 20/09/2018, 15:58 WIB
Render grafis desain Galaxy S10.mobil-helden.de Render grafis desain Galaxy S10.

KOMPAS.com - Bocoran informasi mengenai calon ponsel andalan baru Samsung, Galaxy S10, kembali beredar. Kali ini muncul sebuah indikasi bahwa perangkat tersebut kemungkinan bakal terdiri dari empat versi berbeda.

Dugaan tersebut muncul dari bocoran file firmware Android 9 Pie versi awal untuk Galaxy S10 yang ditemukan oleh XDA Developer.

Bocoran dimaksud menampilkan empat nama perangkat yang diduga mewakili vairan-varian Galaxy S10, yakni “beyond 0”, “beyond 1”, “beyond 2”, dan “beyond 2 5G”.

Kecuali nama empat perangkat tersebut, tak ada informasi lain yang bisa digali dari bocoran firmware dimaksud.

Nama “beyond 2 5G” mungkin mewakili varian Galaxy S10 dengan konektivitas 5G. Sebelumnya memang sempat beredar rumor bahwa Samsung bakal turut melepas varian 5G dari ponsel tersebut.

Bocoran nama-nama firmware Android 9 Pie yang diduga memperlihatkan empat varian Galaxy S10.XDA Developer Bocoran nama-nama firmware Android 9 Pie yang diduga memperlihatkan empat varian Galaxy S10.

Adapun angka di belakang kata “beyond” kemungkinan mengacu pada ukuran layar perangkat. “Beyond 0” mungkin adalah nama perangkat terkecil, lalu “beyond 1” perangkat berukuran sedang, dan “beyond 2” perangkat berukuran terbesar.

Lalu, ada juga akhiran huruf “e” atau “q” di belakang nama masing-masing varian yang boleh jadi menunjukkan tipe prosesor, yakni Qualcomm Snapdragon dan Exynos besutan Samsung sendiri.

Baca juga: Galaxy A7 (2018), Ponsel Pertama Samsung dengan 3 Kamera Belakang?

Sesuai kebiasaan, Samsung agaknya bakal merilis Galaxy S10 dengan dua tipe prosesor berbeda itu, tergantung wilayah pemasarannya.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (20/9/2018) menyebutkan bahwa Galaxy S10 mungkin bakal dibekali chip Exynos 9820 atau Snapdragon 8150. Varian 5G boleh jadi akan ditambahi chip modem 5G Exynos 5100 atau Snapdragon X50.

Baca juga: Bos Samsung Janji Desain Galaxy S10 Nggak Gitu-gitu Aja

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X