Samsung Cegah Salah Pencet Tombol Bixby di Galaxy Note 9

Kompas.com - 21/09/2018, 08:06 WIB
Logo BixbySamsung Logo Bixby

KOMPAS.com - Pengguna Galaxy Note 9 tentu paham masalah ini. Tombol asisten virtual Bixby yang berada tepat di bawah tombol volume (di sisi kiri) membuat kejadian salah pencet seringkali terjadi.

Meski hal ini bukan masalah besar, kenyamanan pengguna tetap saja terganggu dengan letak tombol yang tak tepat. Apalagi ketika tombol itu tidak sengaja ditekan, akan muncul suara khas Bixby yang cukkup menggangu.

Oleh karena itu, Samsung kini merilis pembaruan yang dapat menon-aktifkan layanan Bixby meski terjadi salah pencet.

Pembaruan ini telah dirilis dan dapat diunduh pengguna lewat menu Setting pada Bixby. Jika Anda menghidupkan auto-update, seharusnya fitur ini sudah diunduh dan terpasang secara otomatis.

Baca juga: Bixby di Galaxy Note 9 Bisa Dimatikan Akhir September

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (21/9/2018), dengan pembaruan ini pengguna akan menemukan menu tambahan pada opsi setting Bixby. Pengguna akan menemukan pilihan "Bixby Key" dan di dalamnya ada pilihan untuk menon-aktifkan fitur ini.

Jika Anda ingin mematikan fungsi tombol Bixby, Anda cukup memilih menu "Dont open anything" pada bagian Bixby Key. Dengan begitu meski terjadi salah pencet, Bixby tidak akan muncul dan mengganggu pengguna.

Sebelumnya, pengguna para Galaxy Note 9 mengungkapkan keluhannya di media sosial terkait fitur Bixby tersebut. Bixby sangat mudah aktif secara tidak sengaja, meski sebenarnya pengguna sedang tidak membutuhkan fitur tersebut, seperti diungkapkan akun @Samsung_News_.

Selain kejadian salah pencet, tombol Bixby yang tersemat di Galaxy Note 9 memang diketahui lebih sensitif dibandingkan perangkat sebelumnya. Hal ini diperburuk dengan ketiadaan pengaturan untuk menon-aktifkan fungsi itu.

Tidak adanya opsi non-aktif untuk Bixby ini hanya terjadi pada perangkat Galaxy Note 9 saja. Opsi ini sudah ada di perangkat lain, seperti Galaxy S9 dan S9+ tanpa perlu melakukan update.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X