Ponsel Lipat Huawei Ternyata Sekaligus Ponsel 5G Pertamanya

Kompas.com - 23/09/2018, 08:38 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Dalam pameran IFA 2018 di Berlin, Jerman, beberapa pekan lalu, Huawei mengumumkan rencana untuk membuat ponsel dengan layar lipat yang bisa menggantikan komputer. Pabrikan asal China itu juga diketahui bakal merlilis ponsel 5G.

Belakangan, dalam World Economic Forum awal pekan ini, Deputy Chairman Huawei Ken Hu menjelaskan bahwa dua fitur layar lipat dan 5G tersebut akan diterapkan di perangkat yang sama.

“Di smartphone 5G pertama kami, kami akan memperkenalkan layar lipat. Ini untuk pertama kalinya layar lipat muncul pada smartphone,” ujar Hu,

Dengan kata lain, smartphone layar lipat bikinan Huawei nanti akan dibekali konektivitas 5G.

Hu menambahkan, pihak Huawei berencana merilis perangkat berteknologi foldable display dan jaringan seluler generasi terbaru ini pada pertengahan 2019.

Jaringan 5G sendiri memang dijadwalkan mulai digelar pada 2019 mendatang di sejumlah negara. Operator seluler di Amerika Serikat, misalnya, menyiapkan roll-out 5G mulai akhir 2018.

Dibandingkan jarinan 4G LTE saat ini, teknologi 5G menawarkan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi sekaligus latency lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi bayangkan saja, dengan kecepatan jauh lebih tinggi -hingga 100 kali lebih kencang dari sekaran- Anda bisa menikmati video high-definition dengan layar lebar di samrtphone,” ujar Hu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Minggu (23/9/2018).

Baca juga: Internet 5G Digelar 2019, Smartphone Baru Siap 3 Tahun Kemudian

Ponsel lipat 5G dari Huawei kabarnya bakal menggunakan system on-chip teranyar dari sang pabrikan, Kirin 980, berikut model 5G Balong 5000 yang juga dibuat oleh Huawei.

Adapun layar lipatnya kemungkinan akan memakai panel OLED fleksibel yang beberapa tahun belakangan sudah dikembangkan oleh sejumlah pabrikan komponen, termasuk Samsung Display, LG Display, dan Japan Display.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.