Apple Bikin Video Panduan Memakai iPhone XS, XS Max, dan XR - Kompas.com

Apple Bikin Video Panduan Memakai iPhone XS, XS Max, dan XR

Kompas.com - 24/09/2018, 15:28 WIB
iPhone XS.Istimewa iPhone XS.

KOMPAS.com - Apple pertama kali memperkenalkan ponsel tanpa tombol home dan bezel-less melalui iPhone X keluaran 2017 lalu. Kini, semua model iPhone teranyar sudah mengusung desain demikian dan agaknya bakal dipertahankan hingga beberapa generasi mendatang.

Pengguna yang sudah memakai iPhone X sejak tahun lalu tentu tak lagi bingung ketika upgrade ke iPhone XS, XS Max, dan iPhone XR. Kendati begitu, pengguna iPhone 8 dan 8 Plus ke bawah masih butuh adaptasi.

Untuk mempermudah transisi ke desxain iPhone baru, Apple meluncurkan video panduan khusus di channel YouTube resminya. Video berdurasi 5,5 menit itu menginformasikan hal-hal yang kurang lebih sama dengan buku panduan di kotak kemasan, tetapi bagi sebagian orang lebih mudah dicerna karena formatnya visual.

Hal pertama yang dibahas di video adalah cara mengakses home tanpa pakai tombol, melainkan gimik menyapu layar ke atas (swipe up). Jika di tengah-tengah swipe up pengguna memberikan jeda (pause), maka bisa mengakses aplikasi apa saja yang tengah dibuka.

Baca juga: 5 Ponsel Alternatif iPhone XS Max

Gimik menyapu layar ke bawah (swipe down) dari sisi paling atas berguna untuk membuka pusat kontrol (control center), semisal mengatur tingkat keterangan layar (brightness) dan mode dering. Notifikasi juga bisa diakses via gimik ini.

Jika pengguna sedang sibuk dan hanya bisa mengoperasikan iPhone dengan satu tangan, bisa memanfaatkan mode “Reachability” di Settings. Selanjutnya, swipe down ke bawah untuk mengecilkan layar dan menempatkannya ke manapun jempol bergerak.

Semua hal yang tadinya menjadi tanggung jawab fitur “Touch ID” kini bisa dialihkan memakai “Face ID”, termasuk untuk memverifikasi idetitas Apple Pay, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (24/9/2018), dari PhoneArena.

Selanjutnya dari sisi kamera, pengguna bisa memanfaatkan Depth Control untuk mengatur efek bokeh. Ada pula fitur Memoji yang menciptakan versi animasi wajah pengguna.

Memoji itu bisa bergerak secara real-time sesuai ekspresi pengguna. Dengan ini, obrolan maya dengan teman bisa lebih ekspresif dan menggemaskan.

Untuk selengkapnya, cek video berikut ini.


iPhone XS dan XS Max sudah tersedia di gerai-gerai resmi beberapa negara sejak 21 September 2018 lalu. iPhone XR dengan layar LCD 6,1 inci baru akan menyapa pasar pada 26 Oktober mendatang.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X