5 Fitur di Android 1.0 yang Masih Dipakai Hingga Kini

Kompas.com - 24/09/2018, 20:05 WIB
Patung logo-logo Android di Googleplex, kantor pusat Google di Mountain View, AS. Fatimah Kartini/Kompas.comPatung logo-logo Android di Googleplex, kantor pusat Google di Mountain View, AS.

KOMPAS.com - Sistem operasi Android genap berusia 10 tahun pada 23 September kemarin. Sistem operasi yang dibuat oleh Andy Rubin dkk. ini sudah melewati beragam pengembangan hingga saat ini.

Proyek pertama Android sejatinya sudah diungkap pada 2007 silam, namun pada 23 September 2008 untuk pertama kalinya Android 1.0 diumumkan secara resmi. Kala itu HTC Dream menjadi pilot project ponsel Android pertama di dunia.

Dalam kurun waktu 10 tahun, Android sampai saat ini menjadi sistem operasi yang paling dominan. Secara global berdasrakan riset NetMarketShare, Android memiliki pangsa pasar sebesar 68,39 persen.

Selama 10 tahun itu pula Android mengalami perubahan seiring dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Bicara soal perubahan, ternyata ada beberapa fitur yang masih dipertahankan sejak Android versi pertama dikembangkan. Berikut ini adalah 5 fitur Android 1.0 yang masih dipakai hingga kini.

Android Market (Google Play Store)

Pada saat HTC Dream diluncurkan, ponsel ini sudah memiliki toko aplikasi bernama Android Market terinstal di dalamnya. Kala itu hanya ada 13 aplikasi yang tersedia dan semuanya gratis.

Baca juga: Kilas Balik OS Android yang Hari Ini Berulang Tahun ke-10

Ketika Android Market dibuka secara umum untuk para pengembang, di sinilah jumlah aplikasi meningkat dengan signifikan. Dalam waktu empat bulan sampai akhir 2008 tercatat ada 200 aplikasi yang terdaftar di sana.

Pada 2012, Google Play kemudian lahir. Toko aplikasi ini menggabungkan Android Market dengan Google Music, Google eBookstore dan Android Market secara bersamaan.

Sinkronisasi Aplikasi

Sejak Android pertama dirilis, sistem operasi ini sudah memiliki fitur sinkronisasi. Meski ketika itu aplikasi yang punya fitur ini masih dapat dihitung dengan jari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X