Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone XS dan iPhone XS Max Mengeluh Susah Sinyal

Kompas.com - 25/09/2018, 13:11 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna mengeluhkan adanya masalah pada perangkat iPhone XS dan iPhone XS Max yang mereka miliki. Para pengguna tersebut melaporkan kesulitan mendapat sinyal baik sinyal seluler maupun Wi-Fi.

Keluhan ini datang dari linimasa Twitter dan sejumlah forum di ranah maya. Dari sana diketahui bahwa ternyata memang tak sedikit pengguna yang mengeluhkan hal serupa bahkan keluhan ini datang dari berbagai lokasi.

Dari forum Reddit sejumlah pengguna melaporkan bahwa masalah kekuatan sinyal ini tidak terbatas pada satu operator tunggal. Masalah tersebut tak terselesaikan meski mereka mengganti operator seluler yang digunakan.

Para pengguna perangkat iPhone XS yang memposting keluhannya di MacRumors dan forum Apple juga telah melaporkan masalah serupa yakni kekuatan sinyal yang buruk.

Dari sebuah penelitian, memang diketahui iPhone teranyar yang dirilis pertengahan September kemarin memang memiliki masalah pada kualitas penerimaan sinyal.

Baca juga: 5 Ponsel Alternatif iPhone XS Max

Dalam pengujian yang dilakukan WiWavelength, ditemukan bahwa kekuatan sinyal iPhone teranyar secara signifikan memang lebih lemah daripada perangkat iPhone 8 dan iPhone X tahun lalu. Bahkan masih kalah kuat ketimbang iPhone 7 yang usianya lebih lawas.

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (25/9/2018), baik iPhone XS maupun iPhone XS Max sejatinya memiliki perangkat keras yang secara teknis dapat membuat kualitas penerimaan sinyal lebih bagus.

Kedua iPhone ini memiliki satu pita antena tambahan yang ditempatkan di sepanjang tepi bawah ponsel. Berbeda dengan iPhone 8 yang hanya memiliki pita antena di tepi atas.

Dengan demikian secara teknis seharusnya kedua perangkat ini bisa menerima sinyal baik dari operator seluler maupun Wi-Fi dengan jauh lebih baik ketimbang seri-seri iPhone sebelumnya.

Apple sendiri masih belum memberi komentar terkait keluhan ini. Tidak menutup kemungkinan Apple akan segera merilis pembaruan perangkat lunak untuk menutup masalah atau bug yang ditemukan ini.

Hal serupa pernah terjadi pada iPhone 7 yang dirilis dua tahun lalu. Apple kemudian mampu memperbaiki masalah tersebut dengan merilis patch dan pembaruan perangkat lunak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com