Lagi-lagi Rampok Beraksi di Toko Apple yang Ramai

Kompas.com - 25/09/2018, 15:24 WIB
Apple Cotai Store Macau sudah dibuka pada 29 Juni lalu. Bangunan ini merupakan paduan unik material batu, kaca, dan juga bambu. Pada bagian eksterior bangunan dihiasi rumpun bambu. Foster+PartnersApple Cotai Store Macau sudah dibuka pada 29 Juni lalu. Bangunan ini merupakan paduan unik material batu, kaca, dan juga bambu. Pada bagian eksterior bangunan dihiasi rumpun bambu.

KOMPAS.com - Apple Store yang tersebar di California, Amerika Serikat, sudah beberapa kali kemalingan sepanjang tahun ini. Pada setiap insiden, mayoritas oknum berhasil kabur dan pada akhirnya tak tertangkap.

Dalam tiga bulan terakhir saja ada empat insiden yang terjadi di Apple Store wilayah California. Masing-masing di Fresno pada Juli, Roseville Galleria dan Santa Rosa pada Agustus, dan yang paling baru lagi-lagi di Santa Rosa.

Apple Store Santa Rosa dirampok oleh sekawanan orang pada Senin (24/8/2018) sore waktu setempat. Kala itu Apple Store tak ramai pengunjung.

Jika biasanya perampokan dilakukan empat orang ber-hoodie, kini ada enam yang tertangkap kamera. Video direkam oleh seseorang yang sedang jalan-jalan di sekitar Apple Store, lantas mengendus gerak-gerik mencurigakan.

“Saya di Santa Rosa Plaza dan melihat enam pria ber-jeans dan hoodie masuk ke Apple Store. Saya tahu pasti ada sesuatu yang akan terjadi, makanya saya rekam,” kata dia pada akun Reddit-nya dengan nama “Gooneryoda”.

Baca juga: Lagi, Toko Apple Kemalingan Puluhan iPhone Saat Ramai Pengunjung

Dari enam pria tersebut, salah satunya berhasil diamankan polisi dan bakal diinterogasi lebih lanjut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (25/9/2018), dari TechSpot.

Polisi belum bisa memastikan apakah perampok ber-hoodie ini terkait satu sama lain dengan insiden yang terjadi sebelumnya. Belum jelas pula apakah mereka dikoordinasi oleh satu lingkaran kriminal tertentu.

Kerugian ratusan juta rupiah

Yang jelas, dalam tiap kasus perampokan, kerugian Apple Store berada pada rentang 25.000 hingga 30.000 dollar AS (Rp 372 jutaan hingga Rp 447 jutaan).

Apple Store di Santa Rose sendiri pada Agustus lalu lumayan mencatat kerugian besar, yakni 35.000 dollar AS (Rp 521 jutaan). Insiden baru-baru ini belum dikalkulasikan kerugiannya.

Secara keseluruhan, sepanjang tahun ini pencurian Apple Store di wilayah California telah terjadi di Fresno (dua kali), San Luis Obispo, Walnut Creek, Santa Clara, Roseville, Santa Rosa (dua kali), dan beberapa di kota-kota lain.

Dari sekian peristiwa, baru dua pelaku yang tertangkap. Salah satunya yang baru-baru ini diringkus ketika hendak mencomot barang-barang di Apple Store Santa Rosa.



Sumber TechSpot
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X