Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Uji Fitur Pilih Tempat "Nongkrong" Bersama Teman

Kompas.com - 25/09/2018, 18:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Ketika ingin nongkrong dengan para sahabat, acap kali bingung untuk menentukan pilihan tempat. Semakin banyak orang, semakin pula banyak pilihan yang diajukan.

Untuk itu, Google menelurkan fitur yang sedang diuji coba di Google Maps untuk membantu pengguna menetukan pilihan tempat nongkrong, restoran, atau tempat wisata bersama teman-teman.

Fitur tersebut bernama "Decide with Friends", yang telah diperkenalkan dalam agenda Google I/O awal tahun lalu. Fitur ini merupakan wadah, di mana para penggunanya bisa membuat daftar tempat yang ingin mereka kunjungi dan membagikannya ke grup.

Fitur Google Maps Decide with Friend AusDroid Fitur Google Maps Decide with Friend
Untuk sementara, fitur ini baru mendarat di beberapa pengguna saja karena masih dalam server-side test alias tahap uji coba, sebagaimana KompasTekno lansir dari Uber Gizmo, Selasa (25/2018).

Jika nanti fitur ini sudah tiba, akan muncul balon notifikasi di kolom hasil pencarian ketika Anda melakukan pencarian di Maps. Kemudian, pengguna bisa membagi tempat ke grup yang hanya dapat dilihat oleh anggota grup saja.

Fitur Decide with Friend Google MapsAusDroid Fitur Decide with Friend Google Maps

Setelah daftar tersusun, pengguna bisa menarik daftar ke bawah layar (drag) untuk menutup atau membagikannya. Orang-orang di dalam grup bisa melihat opsi obyek atau menambah daftar tempat pilihan.

Mereka juga bisa memberikan suara upvote atau downvote untuk mengambil keputusan. Pembuat daftar akan menerima notifikasi apa saja yang telah dilakukan pada daftar dan daftar dibagikan akan muncul di tab "shared" Google Maps.

Baca juga: Google Maps Bakal Adopsi Fitur Waze

Fitur ini akan bermanfaat bagi mereka yang kerap menghabiskan waktu bersama teman-teman atau kerabat dan tidak perlu waktu banyak untuk berdiskusi memilih obyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Uber Gizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com