Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chipset Huawei Mate 20 Pro Diklaim Lebih Kencang dari iPhone Terbaru

Kompas.com - 26/09/2018, 10:28 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Trio iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dibekali System-on-Chip (SoC) Apple A12 Bionic yang diklaim sebagai chip smartphone paling bertenaga oleh sang pembuatnya.

Seolah tak mau kalah, dalam sebuah product briefing di Dubai, Uni Emirat Arab, akhir pekan lalu, seorang representatif Huawei dilaporkan mengklaim bahwa Kirin 980 besutannya bakal lebih kencang dari Apple A12 Bionic. Chip tersebut rumornya akan terpasang di ponsel Mate 20.

Kirin 980 adalah SoC terbaru dari Huawei yang diperkenalkan dalam ajang IFA 2018 di Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu. Chip ini menggunakan proses fabrikasi 7 nm seperti A12 Bionic. Jumlah transistor di dalamnya juga sama dengan A12 Bionic, yakni mencapai 6,9 miliar.

Huawei mengklaim Kirim 980 memiliki kinerja CPU 75 persen lebih tinggi dibandingkan chip Kirin generasi sebelumnya, dan kinerja olah grafis (GPU) hingga 46 persen lebih kencang.

Sementara, efisiensi daya Kirin 980 disebut 57 persen lebih baik. Bagian GPU memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi lagi, diklaim mencapai 178 persen, sehingga Kirin 980 boleh jadi lebih kencang dan lebih hemat dibanding pendahulunya.

Baca juga: Mengenal Chip A12 Bionic di iPhone XS, XS Max, dan XR

Meski demikian, untuk saat ini masih sulit untuk membandingkan kinerja kedua chip. Hal ini karena Kirin 980 baru akan melakukan debut di smartphone seri Huawei Mate 20 yang bakal meluncur pada 16 Oktober nanti.

Beda konfigurasi

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (26/9/2018), meski memiliki kemiripan, desain antara chip A12 Bionic dan Kirin 980 sebenarnya juga berbeda.

Kirin 980 diketahui mengandalkan CPU empat core Cortex-A76 dan empat core CPU Cortex-A55, berikut GPU Mali G76 MP10 dengan 10-core. Sementara, A12 Bionic diketahui memiliki dua core CPU berkecepatan tinggi dan empat core CPU hemat daya, berikut GPU 4-core hasil rancangan sendiri.

Masing-masing chip juga dibekali prosesor Neural Processing Unit (NPU) terintegrasi untuk mengolah tugas-tugas terkait AI. NPU pada Kirin 980 diklaim 2,2 kali lebih cepat dibanding chip Kirin 970 terdahulu, dengan tenaga pemrosesan 4.500 gambar per menit.

Sementara, Apple menyatakan kineja NPU milik A12 Bionic dengan satuan operasi per detik, yakni 5 triliun operations per second, berbanding 600 miliar operations per second pada chip A11 Bionic sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com