iPhone XS Bakal Kebagian Fitur Kamera ala Samsung Galaxy - Kompas.com

iPhone XS Bakal Kebagian Fitur Kamera ala Samsung Galaxy

Kompas.com - 26/09/2018, 12:04 WIB
Kamera iPhone XS dan XS Max.Istimewa Kamera iPhone XS dan XS Max.

KOMPAS.com - Kamera di iPhone XS dan XS Max terbaru dari Apple memiliki kemampuan untuk menyesuaikan efek depth-of-field setelah foto dijepret. Pengguna bisa mengatur apakah ingin membuat latar belakang tampak lebih buram atau lebih tajam.

Dalam update iOS 12.1 mendatang, kemampuan itu kabarnya bakal diperluas hingga kedua iPhone bisa pula mengatur depth-of-field saat sedang dalam proses hendak menjepret foto lewat mode portrait.

Hal ini diketahui dari update iOS 12.1 versi beta yang belakanga dirilis oleh Apple. Cara kerjanya, saat pengguna mengaktifkan Portrait Mode di aplikasi kamera, sebuah slider aperture akan muncul di bagian bawah layar.

Slider pengatur efek depth-of-field di Portrait Mode aplikasi kamera iPhone XS di iOS 12.1 betaPhone Arena Slider pengatur efek depth-of-field di Portrait Mode aplikasi kamera iPhone XS di iOS 12.1 beta
Slider simulasi F-stop ini bisa digeser-geser untuk langsung mengatur depth-of-field secara real time.

Angka F-stop lebih kecil (misalnya f/1.4) akan menambah buram latar belakang, sementara semakin besar angkanya (misalnya f/16), maka background akan menjadi semakin tajam.

Baca juga: Rahasia iPhone XR Bisa Jepret Bokeh Meski Berkamera Tunggal

Untuk sekarang, sebelum mendapat update iOS 12.1, iPhone XS dan iPhone XS Max hanya bisa melakukan pengaturan bokeh setelah foto dijepret, dengan menekan tombol “Edit”.

Kemampuan simulasi depth-of-field secara real time tersebut mirip dengan fitur Live Focus yang telah lebih dulu diterapkan di smartphone Galaxy S dan Galaxy Note besutannya.

Implimentasinya pun mirip, dengan menggunakan slider saat hendak mengambil foto dalam antarmuka kamera.

Baca juga: Bocoran Tanggal Peluncuran iPhone XS, XS Max, dan XR di Indonesia

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (26/9/2018). iOS 12 rencananya akan dirilis bulan depan setelah selesai diuji dalam versi beta. iPhone XS dan iPhone XS Max pun bakal segera mendpat fitur kamera ala Samsung Galaxy.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Spesifikasi iPhone XS, XS Max, dan XR


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X