Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy P30 Batal Pakai Pemindai Sidik Jari di Layar?

Kompas.com - 26/09/2018, 14:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumor soal Samsung Galaxy P30 sudah menyeruak sejak Juli lalu. Smartphone tersebut digadang-gadang sebagai lini Samsung pertama yang memiliki sensor pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint sensor).

Namun, kabar itu dibantah oleh sumber dalam industri. Galaxy P30 dikatakan bakal hadir dengan layar LCD dan tak punya in-display fingerprint sensor.

Diketahui, in-display fingerprint sensor merupakan salah satu fitur yang tengah populer untuk lini ponsel premium. Beberapa pabrikan China sudah mengimplementasikannya, semisal Vivo dan Oppo.

Samsung sendiri terus didera pertanyaan kapan akan mengadopsi teknologi tersebut. Spekulasi yang berkembang mengatakan Samsung menyimpan in-display fingerprint sensor untuk flagship Galaxy S10 pada kuartal pertama tahun depan.

Baca juga: Galaxy P30 Jadi Ponsel Pertama Samsung dengan Sensor Sidik Jari di Layar?

Kembali ke Galaxy P30, sumber tadi menyebut lini Galaxy P30 akan hadir dengan varian layar jumbo dengan nama Galaxy P30+. Keduanya menandai smartphone Samsung pertama di bawah seri Galaxy P, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (26/9/2018), dari PhoneArena.

Galaxy P ini hadir dengan keunikan khusus, yakni menawarkan ponsel dengan hardware mumpuni dan harga terjangkau. Jika benar, prinsipnya serupa dengan merek Pocophone di bawah naungan Xiaomi.

Galaxy P30 sendiri kabarnya akan hadir dengan kapasitas RAM 6GB, dipadankan dengan memori antara 64GB atau 128GB. Belum jelas prosesor apa yang akan digunakan.

Sistem operasinya mengandalkan Android Oreo 8.1, disertai dengan pengalaman berbeda dari versi terbaru Samsung Experience. Berbagai bocoran ini belum terkonfirmasi sehingga belum bisa dipercaya sepenuhnya.

Duo Galaxy P30 dan P30+ disebut-sebut bakal meluncur pada bulan depan. Kita tunggu saja.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com