Panasonic Umumkan 2 Mirrorless “Full-Frame” Pertama, S1 dan S1R

Kompas.com - 26/09/2018, 16:03 WIB
Kamera mirrorless full-frame Panasonic S1R.Panasonic Kamera mirrorless full-frame Panasonic S1R.

KOMPAS.com - Segmen pasar kamera mirrorless full-frame mendadak ramai. Setelah beberapa tahun hanya dikuasai Sony, kini Canon dan Nikon juga meluncurkan kamera mirrorless masing-masing dengan sensor berukuran setara lembar frame 35 mm itu.

Kini, giliran Panasonic yang ikut terjun lewat duo mirrorless full-frame bernama Lumix S1 dan S1R. Keduanya diumumkan dalam ajang fotografi Photokina di Jerman pekan ini.

Namun, berbeda dari kamera serupa dari pabrikan lain, S1 dan S1R masih berada dalam tahap pengembangan. Panasonic memamerkan unit kamera yang masih berupa prototipe dalam  acara pengumumkan S1 dan S1R.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DPReview, Rabu (26/9/2018), meski bertampang mirip, kedua kamera menggunakan sensor full-frame dengan resolusi berbeda. Panasonic S1 dibekali sensor 24 megapiksel, sementara S1R beresolusi 47 megapiksel.

Panasonic S1 dan S1R menggunakan sistem mounting lensa Leica L, sehingga bisa dipasangi lensa kamera mirrorless full-frame bikinan Leica (SL dan TL) dan Sigma yang sama-sama menggunakan sistem mount tersebut.

Baca juga: Secanggih Apa Sensor Kamera Mirrorless “Full Frame” Nikon?

Panasonic S1R masih berupa prototype untuk saat ini.Panasonic Panasonic S1R masih berupa prototype untuk saat ini.

Selain itu, Panasonic turut memperkenalkan tiga lensa baru sebagai pendamping duo kamera mirrorless, yakni lensa prime 50 mm f/1.4 dan dua lensa zoom 24-105 mm serta 70-200 mm. Lebih dari 10 lensa lagi dijadwalkan menyusul sebelum akhir 2020.

Panasonic mengatakan S1 dan S1R dari kamera mirrorless seri “S” ini ditujukan untuk para profesional yang membutuhkan kemampuan foto dan video mumpuni.

Posisinya di atas kamera mirrorless seri “G” Panasonic yang mengusung sensor micro-four thirds dengan ukurannya jauh lebih kecil.

Fitur lain dari Panasonic S1 dan S1R yang diketahui sejauh ini antara lain in-body image stabilization (IBIS Dual IS), sistem AF Depth-from-Defocus (DfD) ala Panasonic, weather sealing, tilting LCD touch screen display, dual card slot XQD dan SD, serta perekaman video 4K 60 FPS.

Spesifikasi lengkap dari Panasonic S1 dan S1R masih belum diumumkan oleh Panasonic, begitu juga dengan harganya. Panasonic menjanjikan kedua kamera bakal dirilis ke pasaran pada “awal 2019”.

.

.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X