Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Donggala dan Palu, Begini Cara Mengecek Kondisi Teman Lewat Facebook

Kompas.com - 30/09/2018, 10:59 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Facebook mengaktifkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan setelah bencana gempa bumi di Donggala, Palu, dan sekitarnya. Gempa bermagnitudo 7,4 SR itu terjadi pada Jumat (28/9/2018) petang pukul 18.05 WITA.

Pantauan KompasTekno, Safety Check Facebook untuk gempa bumi di Donggala, Palu, dan sekitarnya itu mulai muncul di linimasa Facebook pada Sabtu (29/9/2018) pagi.

Hingga saat itu, Facebook mengklaim sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help.
 
"Doa kami menyertai semua masyarakat di Palu dan Donggala yang terkena dampak dari bencana gempa dan tsunami ini," tulis pernyataan resmi Facebook yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Cerita Pilot Batik Air yang Takeoff Saat Gempa Palu, Sebelum Tower Roboh
 
Pemeriksaan Keselamatan merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menginformasikan bahwa pengguna Facebook berada dalam keadaan selamat, serta mengecek keadaan orang lain setelah suatu krisis atau bencana alam terjadi.

Cara mengecek teman

Pengguna Facebook pun bisa mengecek apakah teman atau keluarganya terdampak oleh bencana alam ini melalui tautan berikut.

Daftar teman yang berada di sekitar lokasi akan ditampilkan di tab All. Sementara daftar teman yang telah menandai dirinya aman, ditampilkan di tab Safe di sebelah atas. Informasi status teman juga akan ditampilkan, apakah sudah menandai dirinya aman atau belum.

Jika telah menandai dirinya aman, teks hijau "Marked himself safe" akan ditampilkan di bawah nama. Jika belum, teks hitam "Not marked safe yet" akan ditampilkan.

Pengguna juga bisa mengetikkan nama akun yang ingin dicari di kolom pencarian, yang berada di pojok kanan atas.

Jika nama teman di daftar belum menandai dirinya aman, belum tentu juga ia dalam kondisi bahaya. Karena untuk menggunakan fitur Safety Check Facebook, dibutuhkan koneksi internet. Sementara kondisi di Palu dan Donggala dilaporkan listrik dan koneksi internet belum pulih sepenuhnya.

"Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat," tulis Facebook.
 
Pengguna Facebook juga dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai Pemeriksaan Keselamatan (Safety Check) melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com