Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepretan Selfie iPhone XS Dikeluhkan Kelewat "Palsu"

Kompas.com - 01/10/2018, 11:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Duo iPhone XS dan XS Max memperlihatkan peningkatan signifikan dari sektor kamera utama (rear camera). Apple melengkapi lini teranyarnya itu dengan modul kamera ganda 12 megapiksel nan mumpuni.

Akan tetapi, peningkatan serupa tak tampak pada kamera depan untuk selfie. Beberapa pembeli pertama bahkan mengeluh karena kamera depan iPhone XS dan XS Max menghasilkan selfie dengan tampilan wajah sangat lembut, jika tak menyebut palsu.

Selama ini, beberapa vendor ponsel menyematkan efek yang membuat wajah lebih halus melalui “beautify”. Pengguna bisa menyetel tingkat polesan sesuai keinginan, semakin tinggi semakin halus pula tampilan wajah. Bisa pula dimatikan sama sekali buat yang tak suka.

Baca juga: Ini Tanda iPhone XS, XS Max, dan XR Segera Dijual di Indonesia

Namun, pada iPhone XS dan XS Max, pengguna tak diberikan opsi seperti itu. Apple sendiri tak menyebut ada fitur "beautify" di seri iPhone terbaru, jadi efek wajah lembut itu disinyalir bersifat otomatis dan tidak dapat dimatikan.

Perbandingan hasil selfie iPhone XS Max dengan iPhone X terdahulu.Avery Hartmans/ Business Insider Perbandingan hasil selfie iPhone XS Max dengan iPhone X terdahulu.

Selain memperhalus kulit wajah, kamera depan iPhone XS dan XS Max juga dikomplain karena menghasilkan selfie yang warnanya kurang tajam. Kontrasnya lebih rendah, begitu juga dengan tingkat kecerahannya (brightness).

Host kanal YouTube Unbox Therapy, Lewis Hilsenteger, bahkan mengeluhkan bahwa wajahnya terlihat seolah dipoles make up dalam hasil jepretan selfie iPhone XS.

Sementara, sejumlah pengguna iPhone XS dan iPhone XS mengeluhkan masalah ini di forum online Reddit dan menjulukinya sebagai "Beautygate".

iPhone XS memoles tampilan wajah dalam selfie sehingga terlihat halus. chemicalsam/Reddit iPhone XS memoles tampilan wajah dalam selfie sehingga terlihat halus.
Untuk melihat perbedaannya, ada beberapa foto perbandingan hasil selfie dari kamera depan iPhone X keluaran 2017 lalu dan iPhone XS termutakhir, sebagaimana terlampir pada Business Insider dan dihimpun KompasTekno, Senin (1/10/2018).

Kamera depan iPhone XS dan XS Max mengandalkan sensor beresolusi 7 megapiksel dengan lensa berbukaan F/2.2. Spesifikasi tersebut sama dengan iPhone X keluaran tahun lalu.

Belum diketahui apa penyebab hasilnya bisa sangat berbeda. Beredar spekulasi bahwa penghalusan kulit merupakan efek samping dari noise reduction yang diterapkan di kamera iPhone XS dan XS Max, atau memang sengaja diterapkan. Tetapi dugaan ini belum dikonfirmasi oleh Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com