Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan di WhatsApp Sedang Disiapkan, iPhone Duluan Kebagian?

Kompas.com - 01/10/2018, 13:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri WhatsApp, Brian Acton akhirnya mengumbar alasannya hengkang dari Facebook pada 2017 lalu. Seperti rumor yang beredar, ia tak setuju jika WhatsApp dicekoki iklan.

Menurut dia, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, sudah merencanakan adanya iklan di WhatsApp sebelum mengakuisisi layanan pesan singkat tersebut. Kini, agaknya iklan di WhatsApp sudah di di depan mata.

Menurut bocoran, WhatsApp tengah menguji coba mengimplementasikan iklan di versi iOS. Mekanismenya sama dengan Instagram Stories, di mana iklan akan muncul pada WhatsApp Status.

Yang menjadi pertanyaan kemudian, apakah iklan ini menyasar pengguna yang tersegmentasi berdasarkan pola kebiasaan? Sebab, pertukaran pesan di WhatsApp terenkripsi, sehingga akan sulit mengidentifikasi target yang tepat dalam menyalurkan iklan.

Meski demikian, ada cara yang bisa saja digencarkan WhatsApp, yakni memanfaatkan sinkronisasi dengan Facebook. Sebagian besar pengguna WhatsApp, secara sadar atau tidak,  mengasosiasikan nomor telepon dengan profil Facebook.

Baca juga: Pendiri WhatsApp Mengaku Jual Data Pengguna ke Facebook

Bisa saja WhatsApp menargetkan distribusi iklan berbasiskan aktivitas pengguna di Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (1/10/2018), dari PhoneArena.


Bocoran soal pengujian iklan di aplikasi WhatsApp versi iOS pertama kali diumbar WABetaInfo via akun Twitter mereka. Diketahui, selama ini WABetaInfo kerap menyebarkan rumor yang ujung-ujungnya benar terjadi.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak resmi WhatsApp. Karenanya, bocoran ini belum bisa dipercaya sepenuhnya. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com