Pemilik iPhone XS dan XS Max Keluhkan Masalah "Charging"

Kompas.com - 01/10/2018, 15:28 WIB
iPhone XS.Istimewa iPhone XS.

KOMPAS.com - iPhone XS baru mendarat di tangan konsumen beberapa pekan. Namun sejumlah pemilik ponsel premium Apple tersebut melaporkan adanya bug yang membuat perangkat tidak bisa mengisi daya baterai, setelah disambungkan ke charger listrik. 

Beberapa pengguna iPhone XS dan iPhone XS Max juga mengeluh jika layar ponsel mereka tetap mati saat baterai sedang di-cas dalam keadan terkunci, meski sudah sudah tersambung dengan daya.

Dalam forum diskusi Apple, pemilik iPhone XS dan iPhone XS Max mengaku harus berulang kali mencabut dan mencolokkan charger untuk bisa mengisi daya.

Masalah tersebut juga diungkapkan salah satu YouTuber di kanal Unbox Therapy. Dalam videonya, ia mencoba melakukan pengsian daya ke beberapa iPhone XS dan iPhone XS.

Saat percobaan awal, charger bergungsi normal seperti biasa. Layar ponsel seketika bisa diaktifkan dan menampilkan wallpaper serta ikon baterai yang sedang terisi daya.

Baca juga: Baterai iPhone XS dan XS Max Cepat Habis Dibanding iPhone X

Namun saat dicoba ke iPhone XS Max pertama kali, layar tetap mati meski colokan charger sudah tersambung listrik. Saat mencoba menekan tombol volume dan power di sisi samping, layar tetap mati.

Layar ponsel baru aktif setelah diketuk (tap), dengan menampilkan wallpaper dan baterai yang sedang terisi daya.

"Kemungkinan ada masalah di mode tidur atau mode diam yang karena alasan tertentu, memblokir arus yang masuk atau memblokir baterai untuk menerima daya", jelasnya.

Dilansir KompasTekno dari Tech Radar, Senin (1/10/2018), kemungkinan ada masalah pembatasan yang dipasang Apple ke akses USB di dalam pembaruan software iOS 12. Akses USB dibatasi agar tidak mengekstrak data dari perangkat dalam keadaan layar terkunci.

Sehingga, kemungkinan hal tersebut menghambat transfer daya ke perangkat pula. Masalah pengisian daya iPhone XS dan iPhone XS Max tidak terjadi di semua perangkat. Situs Tech Radar misalnya, mereka mencoba mengecas iPhone XS dan ternyata berjalan normal.

Baca juga: Ini Tanda iPhone XS, XS Max, dan XR Segera Dijual di Indonesia

Belum ada penjelasan dari Apple mengenai masalah random ini. Namun jika benar masalah software, proses perbaikannya kemungkinan tidak akan lama, dibanding jika masalahnya terdapat pada adapter atau port.

Seperti kejadian iPhone X tahun lalu, di mana sejumlah pengguna melaporkan adanya masalah autocorrect dan layar yang tidak responsif, Apple segera mengatasinya dengan pembaruan iOS 11.

Video Unbox Therapy yang menguji coba charger iPhone XS dan iPhone XS Max bisa disaksikan di tautan berikut ini:

 

 

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X