Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Surface Baru Disebut Tak Dukung USB C

Kompas.com - 01/10/2018, 18:08 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pecinta perangkat Microsoft Surface sebaiknya harus bersiap untuk kecewa. Pasalnya duo Surface anyar yang akan dirilis 2 Oktober esok kemungkinan besar tak akan membawa perubahan signifikan dan tak memiliki port USB type C.

Microsoft diketahui akan menggelar sebuah acara di New York Selasa, (2/10/2018) besok. Dalam perhelatan ini kabarnya Microsoft akan memerkenalkan Surface Laptop 2 dan Surface Pro 6.

Alih-alih menggunakan USB type C, pengguna akan menemukan sebuah port bernama Surface Connector milik Microsoft. Port khusus inilah yang nantinya akan menghubungkan USB type C dengan komputer lewat sebuah converter.

Bukan hanya itu, pengguna juga tak akan menemukan port HDMI pada dua Surface teranyar ini. Keberadaaannya diganti oleh colokan Mini DisplayPort yang khusus dibuat oleh Microsoft untuk menghubungkan Surface ke layar monitor.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Galaxy Book, Tablet Pesaing Microsoft Surface Book

Colokan ini sejatinya sudah hadir di seri Surface sebelumnya dan cukup mendapat sorotan negatif dari para pengguna. Pasalnya penggunaan port khusus seperti ini dianggap tidak praktis dan butuh biaya tambahan untuk membeli converter dari port tersebut.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (1/10/2018), jika kabar ini benar adanya maka ini menjadi sebuah langkah yang cukup mengejutkan dari Microsoft. Pasalnya vendor lain seperti Apple saja kini sudah mulai beralih dari port khusus ke USB type C.

Karakteristik USB type C yang memiliki ukuran lebih kecil, tapi bisa menghantarkan daya listrik yang lebih besar membuat port ini kian digemari oleh para vendor teknologi.

Bahkan USB type C boleh dibilang telah menjadi standar serta syarat baru dalam sebuah perangkat terkini. Sehingga jika benar Microsoft menghilangkan port ini pada Surface teranyarnya, maka langkah ini bisa disebut sebagai sebuah kemunduran.

Selain itu kabarnya Surface Laptop 2 akan mengusung konfigurasi RAM 8 GB, SSD 128 GB dan dibekali prosesor Intel i5. Sedangkan Surface Pro 6 akan memiliki RAM 4 GB dengan prosesor Intel Core M3.

Kendati demikian belum ada bocoran mengenai harga kedua perangkat ini. Kita tunggu saja esok hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com