Kompas.com - 01/10/2018, 19:42 WIB
Galaxy Note 9 di acara Media Experience Samsung di Jakarta, Jumat (10/8/2018) KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy Note 9 di acara Media Experience Samsung di Jakarta, Jumat (10/8/2018)

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 9 dibanjiri pujian dari para pecinta gadget, salah satunya pada aspek kamera. Flagship ini mengusung kamera ganda (dual-camera) dengan disertai teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang membuat warna foto lebih tajam dan alami.

Kendati begitu, Samsung tak puas dengan kamera Galaxy Note 9. Pabrikan Korea Selatan itu menyediakan pembaruan software versi N960FXXU2ARI9 pada akhir pekan lalu.

Ada beberapa peningkatan kamera pada software teranyar khusus Galaxy Note 9. Antara lain, kualitas kamera secara keseluruhan, tingkat keterangan (brightness) wajah saat backlight, akurasi penyetelan HDR saat siang dan malam, serta Signal Noise Ratio (SNR) dalam keadaan remang-remang.

Kemampuan brightness ketika backlight memang telah dikeluhkan firma rating kamera smartphone, DxOMark. Agaknya keluhan itu diterima Samsung dan buru-buru diperbaiki, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (1/10/2018), dari Forbes.

Baca juga: Ada Kemiripan Xiaomi Mi Mix 3 dengan Galaxy Note 9

Sementara itu, menurut DxOMark, sebenarnya kemampuan lain semacam SNR dan HDR sudah sangat mumpuni. Barangkali Samsung ingin terus memberikan perangkat yang lebih baik bagi penggunanya.

Sayangnya, meski telah diperbarui, rating Samsung di DxOMark tak bisa diganggu gugat. Sebab, firma tersebut hanya satu kali menguji coba dan tak mau ada pengulangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini posisi Samsung Galaxy Note 9 ada di nomor dua sebagai kamera ponsel terbaik, berdampingan dengan HTC U12+. Sementara itu di atasnya ada Huawei P20 Pro yang menggenggam predikat smartphone dengan kamera terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.