Mantan Bos Facebook Ditunjuk Sebagai Pimpinan Baru Instagram - Kompas.com

Mantan Bos Facebook Ditunjuk Sebagai Pimpinan Baru Instagram

Kompas.com - 02/10/2018, 08:49 WIB
Ilustrasi aplikasi InstagramIst Ilustrasi aplikasi Instagram

KOMPAS.com - Seminggu setelah duo pendiri sekaligus pemimpin Instagram, Kevin Systrom dan Mike Kreiger mundur dari jabatannya dan hengkang dari Facebook, keduanya kini mengumumkan siapa yang bakal menggantikan posisi mereka sebagai bos di Instagram

Dalam sebuah posting blog, Systrom dan Krieger mengumumkan Adam Mosseri sebagai Head of Instagram yang baru, efektif mulai Selasa (2/10/2018).

Mosseri tergolong orang baru di Instagram, namun sebelumnya pernah menjadi VP News Feed di Facebook. Dia juga pernah menangani produk Facebook yang kini telah dihentikan, seperti Facebook Home. Mosseri memulai karirnya di Instagram sebagai Vice President of Product pada Mei 2018 lalu.

Baca juga: Cerita Pendirian Instagram yang Terinspirasi Kamera Plastik Murah

Adam Mosseri, Head of Instagram.Instagram Adam Mosseri, Head of Instagram.
Dalam blog, Systrom dan Krieger menuliskan bahwa mereka menganggap Mosseri sebagai seorang yang memiliki latar belakang desain yang kuat, dan fokus pada kesederhanaan.

"Ia juga memahami pentingnya sebuah komunitas," tulis keduanya.

Systrom dan Krieger turut mengungkapkan harapan mereka akan masa depan Instagram di bawah Mosseri sebagai bos baru.

"Yang terpenting adalah menjaga komunitas, mereka yang utama di Instagram. Kami yakin Adam akan memegang teguh nilai-nilai ini dan Instagram akan terus berkembang," tulisnya.

Tulisan lengkap Systrom dan Krieger bisa dibaca di blog Instagram di tautan berikut ini.

Perselisihan dengan Facebook

Kevin Systrom dan Mike Krieger mengonfirmasi pengunduran dirinnya dari induk perusahaan, Facebook, pada Selasa (25/9/2018) lalu.

Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger (kiri)Tech Crunch Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger (kiri)
Sumber dalam Instagram menyebut masalah internal menjadi faktor utama mundurnya duo co-founder itu.

Facebook dan Instagram diketahui sedang dalam tensi yang tinggi dalam beberapa tahun belakang, terkait masalah kepemimpinan Facebook terhadap otonomi Instagram yang beroperasi sebagai perusahaan independen.

Baca juga: Dominasi Mark Zuckerberg Jadi Penyebab Pendiri Instagram Mundur?

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Re/code, Selasa (2/10/2018), keterangan sumber lain menyebutkan bahwa alasan Systrom dan Krieger mundur adalah karena frustrasi dan pergolakan dengan Zuckerberg, yang kian ikut campur untuk mengontrol Instagram.

Secara teknis, Systrom dulu memang memangku jabatan sebagai CEO Instagram. Namun dalam kenyataannya, Zuckerberg lah yang lebih banyak memegang kendali Instagram, termasuk kebijakan mencari pendapatn dari iklan yang disebut sebagai sumber masalah.



Close Ads X