Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update iOS 12 Bikin Salah Kirim SMS

Kompas.com - 02/10/2018, 19:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Saat diluncurkan 17 September lalu, Apple menjanjikan peningkatan peforma perangkat setelah di-update ke iOS 12. Beberapa pengguna iPad dan iPhone, baik lawas maupun baru pun mengaku perangkat mereka berjalan lebih mulus setelah diperbarui.

Tapi seperti pembaruan iOS 11 tahun lalu, beberapa masalah tetap saja terjadi. Baru-baru ini, beberapa pengguna iOS 12 mengeluh salah kirim iMessage, layanan serupa SMS bagi sesama perangkat Apple.

Anehnya, akar masalah ini justru muncul dari pembaruan fitur iMessage sendiri yang seharusnya membuatnya lebih baik.

Diketahui, diam-diam Apple memperbarui fitur iMessage di iOS 12. Pembaruan tersebut bisa menggabungkan utas percakapan dari satu kontak iMessage yang memiliki nomor telepon dan e-mail. Sayangnya, ada masalah dalam impelementasi fitur iMessage tersebut.

Baca juga: Haruskah Pemilik iPhone 5s Upgrade ke iOS 12?

iMessage justru menggabungkan kontak yang berbeda. Hal itu menyebabkan pesan terkirim ke beberapa kontak yang tidak seharusnya menerima pesan. Beberapa pengguna mengeluhkan masalah tersebut ke media sosial.

"Apakah ada yang tahu bagaimana memperbaiki iOS 12 yang menggabungkan dua kontak, sebab kontak Ibu dan Kakak saya kini tergabung dalam satu utas percakapan yang sama," keluh salah satu pengguna.

Pengguna lain juga mengeluhkan masalah yang sama melalui Twitter.

Pengguna iOS juga berbondong-bondong mengeluhkan hal ini di forum diskusi Apple.

"Mengapa iMessage menggabungkan dua kontak dalam satu utas percakapan. Saya hanya bisa membalas pesan ke kontak terakhir yang membalas pesan saya. (Masalah) ini dimulai dengan iOS 12", tulis salah satu pengguna.

Hingga saat ini, Apple belum mengonfirmasi penyebab bug tersebut. Namun, laman PiunikaWeb menangkap salah satu kemungkinan. Para pengguna iOS 12 yang terdampak diduga saling berbagi Apple ID ke sesama anggota keluarganya.

Kemungkinan, penggabungan kontak iMessage didasarkan pada Apple ID dengan mengabaikan nama, e-mail, dan nomor telepon, sebagaimana KompasTekno lansir dari Forbes, Selasa (2/10/2018).

Namun itu baru dugaan awal saja. Sebab pengguna lain melaporkan jika kontak yang tergabung tidak saling berbagi Apple ID. Belum diketahui seberapa luas dampak salah kirim iMessage ini di kalangan pengguna iOS 12.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com