Dituduh Terima Bocoran Chip Qualcomm dari Apple, Ini Kata Intel

Kompas.com - 02/10/2018, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Silang selisih antara Qualcomm, Apple, dan Intel terus berlanjut. Sebelumnya, Qualcomm telah mengajukan gugatan dengan tuduhan bahwa Apple telah mencuri rancangan chip modem pabrikan mereka, untuk diberikan ke Intel.

Qualcomm menuduh, aksi ilegal tersebut dilakukan Apple untuk bisa memasang chip modem yang lebih murah untuk iPhone. Sebab harga yang dipatok Qualcomm, disebut lebih tinggi dibanding chip buatan Intel.

Intel pun tidak tinggal diam. Melalui pernyataan resmi, wakil presiden dan penasihat umum Intel, Steve Rodgers menganggap jika tuduhan Qualcomm hanyalah retorika belaka.

Terutama dalam kampanye "no license, no chip" yang digaungkan Qualcomm, justru ditemukan sejumlah pelanggaran kompetisi dagang di dunia.

Rodgers menyebutkan beberapa negara yang memberikan denda kepada Qualcomm, sebagai bukti bahwa pabrikan chipset tersebut telah melanggar undang-undang perdagangan. Rodgers juga mengatakan jika perusahaanya akan terus melawan klaim Qualcomm di pengadilan.

"Untuk selebihnya, kami memilih untuk menanggapi pernyataan Qualcomm di pengadilan, tidak di depan umum," tulis Rodgers dalam pernyataannya.

Baca juga: Qualcomm Tuduh Apple Curi Resep Rahasia untuk iPhone

Ia juga menyebut bahwa Qualcomm gagal memenangkan 88 kasus paten yang dikatakan telah dilanggar oleh beberapa produk, termasuk Intel.

"(Tuduhan) itu terang-terangan meremehkan produk Intel, produk yang diciptakan dari inovasi dan kerja keras oleh para tim peneliti dan teknisi Intel yang berdedikasi," tulis Rodgers.

Lebih lanjut, Rodgers mengingatkan kembali atas kasus lain, bahwa hakim federal menemukan bukti umum yang meyakinkan bahawa Qualcomm mengharuskan perusahaan lain untuk menerima lisensi terpisah demi mendapatkan akses chip modem Qualcomm.

Gugatan Qualcomm atas Apple yang melibatkan Intel telah diajukan ke Pengadilan Tinggi California. Dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Selasa (2/10/2018), salah satu sumber tuduhan Qualcomm berasal dari sebuah postingan anonim yang diyakini adalah mantan teknisi Intel yang telah diberhentikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.