Peluncuran Ponsel Lenovo K9 di Indonesia Tak Dihadiri Petinggi Lenovo

Kompas.com - 03/10/2018, 08:07 WIB
Perwakilan InOne dan Shopee berfoto bersama dalam peluncuran Lenovo K9 di Jakarta, Selasa (2/10/2018). Tak ada perwakilan Lenovo yang ikut serta di panggung acara. KOMPAS.com/ BILL CLINTENPerwakilan InOne dan Shopee berfoto bersama dalam peluncuran Lenovo K9 di Jakarta, Selasa (2/10/2018). Tak ada perwakilan Lenovo yang ikut serta di panggung acara.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang janggal dalam acara peluncuran smartphone kelas menengah terbaru Lenovo, K9, di Jakarta hari ini, Selasa (2/10/2018). Di panggung tak tampak adanya petinggi atau staf Lenovo yang biasanya selalu hadir.

Sang pembuka event justru Evan Angganantika, Digital Marcomm Manager dari InOne Technology. Padahal, sebelumnya nama InOne tak disebut-sebut dalam undangan, juga tidak ditemukan dalam banner yang banyak tersebar di lokasi acara.

Namun, penjelasan Evan di panggung segera menjawab pertanyaan yang muncul di benak hadirin. Menurut Evan, Lenovo Mobile kini telah mempercayakan semua kegiatan operasional bisnis ponselnya di Indonesia kepada InOne, termasuk dalam hal desain, manufaktur dan layanan purna jual perangkat.

Dengan kata lain, InOne bertindak sebagai Original Device Manufacturer (ODM) untuk Lenovo.
"Untuk ODM dan distribusi, tim retail mulai dari sisi sales dan marketing, kami yang service ke mereka (Lenovo). Mereka mempercayakan design produk Lenovo juga ke InOne," ujar Evan dalam acara yang berlokasi di bilangan Semanggi tersebut.

Baca juga: Ponsel 4 Kamera Lenovo K9 Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Lenovo K9 adalah produk perdana Lenovo yang ditangani oleh InOne di Indonesia. Melangkah ke depan, InOne mengklaim bakal bertanggung jawab atas semua perangkat smartphone Lenovo yang akan dipasarkan di Tanah Air.

"Yang jelas dan pasti, mulai sekarang, semua production dan operation Lenovo di Indonesia sudah InOne yang handle," lanjut Evan, sambil menjanjikan pihaknya bakal melepas lebih banyak smartphone Lenovo untuk konsumen Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pabrikan elektronik

KompasTekno belum bisa mengkonfirmasi klaim InOne kepada Lenovo Mobile karena pihak Lenovo sudah tidak memiliki juru bicara di Indonesia.

Adrie R. Suhadi yang sebelumnya menjabat sebagai Country General Manager Lenovo Mobile Business Group Indonesia pun menyatakan sudah tak lagi bekerja di sana ketika dihubungi.

Evan menerangkan bahwa Lenovo dan InOne tetap menjadi dua entitas yang berbeda. InOne bukanlah milik Lenovo, demikian pula sebaliknya. InOne hanya dipercaya untuk mengelola segala operasional lini bisnis smartphone Lenovo di Indonesia.

Baca juga: 7 Ponsel Lenovo Siap Meluncur di Indonesia

"Dari hulu ke hilir di Indonesia, operasinya kami yang manage saat ini. Sekarang Lenovo di Indonesia sepertinya non-aktif. Kalau di China, masih tetap Lenovo (dikelola oleh Lenovo sendiri)," ujar Evan.

Lenovo dan InOne bekerja sama untuk mengelola lini ponsel pintar Lenovo di 20 negara, salah satunya Indonesia. Kendati demikian, kerJa sama antara keduanya terbatas untuk produk smartphone merek Lenovo saja, tidak mencakup brand Motorola yang berada di bawah Lenovo secara global.

InOne sendiri merupakan pabrikan elektronik asal China. Selain smartphone, InOne juga memproduksi aneka gadget seperti smartwatch, Mi-Fi, dan Bluetooth speaker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.