Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Sumbang 1 Juta Dollar AS untuk Korban Gempa Donggala-Palu

Kompas.com - 03/10/2018, 11:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bencana gempa bermagnitudo 7,4 yang disusul tsunami di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, akhir pekan lalu menjadi perhatian dunia. Selain para pemimpin dunia, beberapa petinggi perusahaan teknologi pun turut menyampaikan duka citanya.

Setelah Google, kini giliran CEO Apple, Tim Cook yang mengungkapkan keprihatinannya kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Tak hanya itu, melalui akun Twitter pribadinya, @tim_cook, Cook juga mengatakan bahwa Apple mendonasikan bantuan senilai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 15 miliar) untuk membantu pemulihan.

"Kami ikut bersimpati kepada warga Sulawesi dan seluruh Indonesia setelah gempa dan tsunami yang menerjang akhir pekan lalu. Apple mendonasikan 1 juta dollar AS untuk membantu pemulihan negara yang indah ini," tulisnya.

Belum diketahui bagaimana mekanisme penyaluran dana tersebut. Sebelumnya, CEO Google, Sundar Pichai juga menyampaikan ahwa perusahaan search engine raksasa itu menyumbangkan dana untuk upaya pemulihan bencana di Sulawesi Tengah dengan nominal yang sama.

Baca juga: CEO Google Umumkan Donasi 1 Juta Dollar untuk Korban Gempa Donggala-Palu

Beberapa negara sahabat turut menawarkan bantuan untuk bencana gempa dan tsunami yang menerjang Palu dan Donggala. Hingga hari ini, Rabu (3/10/2018), Badan Nasional Penganggulangan Bencana {BNPB) mencatat korban meninggal sebanyak 1.374 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com