YouTube Miniplayer Mulai Tersedia di Browser

Kompas.com - 03/10/2018, 13:09 WIB
Tampilan YouTube Miniplayer versi browser Kompas.comTampilan YouTube Miniplayer versi browser

KOMPAS.com - YouTube semakin memperluas sebaran YouTube Miniplayer di berbagai versi. Fitur Miniplayer memungkinkan pengguna tetap menonton video ketika melakukan pencarian video lain, tanpa harus menutupnya.

Ukuran layar video yang sedang ditonton akan mengecil, sementara video tetap akan terputar meski pengguna sedang menyisir resensi video lain di beranda YouTube.

Sebelumnya, fitur ini hanya bisa diakses di aplikasi YouTube mobile saja, namun kini YouTube juga menambahkannya ke YouTube versi browser. Mekanisme berbeda sepertinya akan diterapkan antara YouTube Miniplayer versi mobile dan browser desktop.

Jika di versi mobile, pengguna cukup mengetuk tombol kembali (back) saat video terputar dan melanjutkan pencarian. Namun dalam versi browser, pengguna harus mengetuk ikon Miniplayer yang ada di kanan bawah, sederet dengan ikon gerigi (Setting) dan tampilan layar.

Tangkapan layar ikon YouTube Miniplayer versi browserKompas.com Tangkapan layar ikon YouTube Miniplayer versi browser
Setelah KompasTekno menjajal Miniplayer versi browser desktop, video yang sedang ditonton akan mengecil di pojok kanan bawah, setelah ikon miniplayer diklik. Pengguna akan kembali ke menu beranda, berisikan daftar putar video yang telah ditonton.

Pengguna juga tetap bisa mengontrol video yang masih terputar, karena tombol kontrol masih tetap tersedia. Di bawah video Miniplayer, terdapat pula ikon playlist video yang bisa disembunyikan atau ditarik ke bawah untuk memutar video lain dengan cepat.

Fitur Miniplayer tidak akan berfungsi saat pengguna membuka tab lain di browser desktop. Dengan demikian, pengguna tetap harus berada di halaman YouTube untuk menikmati fitur Miniplayer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: YouTube Gaming Resmi Ditutup

Dilansir KompasTekno dari Slash Gear, Selasa (2/10/2018), kemungkinan fitur ini belum sepenuhnya tersebar secara merata. Namun jika telah tersedia, semua browser desktop di berbagai platform, maupun YouTube versi browser di mobile akan bisa memanfaatkan YouTube Miniplayer ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Slashgear
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.