Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Go-Jek Dikabarkan Segera Beroperasi di Singapura Tanpa Ojek

Kompas.com - 04/10/2018, 08:37 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah Vietnam, Go-Jek sedang bersiap melebarkan sayap ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa startup unicorn asal Indonesia itu bakal segera hadir di Singapura pada bulan Oktober ini.

Singapura adalah pasar lebih kecil dibandingkan negara-negara lain yang menjadi target ekspansi Go-Jek. Namun, maknanya mungkin signifikan buat Go-Jek mengingat Singapura adalah markas sang kompetitor utama, Grab.

Baca juga: Go-Jek Dipastikan Akan Segera Beroperasi di 4 Negara ASEAN

Keadaan pasar ride sharing di Singapura juga berbeda dibanding Indonesia dan Vietnam karena negara tersebut tak membolehkan sepeda motor untuk digunakan sebagai alat transportasi. Padahal, layanan ojek dan kurir sepeda motor merupakan layanan andalan Go-Jek.

Karena itulah, menurut keterangan yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (4/10/2018), Go-Jek bakal memulai kegiatan operasinya dengan meluncurkan layanan ride sharing roda empat.

Soal ini, Go-Jek kabarnya sedang terlibat pembicaraan dengan sala satu perusahaan taksi terbesar di Singapura, ComfortDelGro, yang dulu sempat bekerja sama dengan Uber sebelum hengkang dari Asia Tenggara.

Boleh jadi Go-Jek bakal bermitra dengan ComfortDelGro. Namun, ada juga informasi lain yang menyebutkan bahwa ComfortDelGro berniat menggelar layanan sendiri untuk menyaingi Grab secara langsung.

Singapura merupakan satu dari empat negara target ekspansi Go-Jek pada tahun ini. Tiga lainnya adalah Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Vietnam sudah lebih dulu disambangi Go-Jek lewat brand lokal bernama Go-Viet, lalu Go-Jek sempat menyatakan bahwa Thailand bakal segera menyusul dengan brand lokal bernama Get.

Baca juga: Go-Jek Resmi Umumkan Ekspansi ke Vietnam dan Thailand

Go-Jek disinyalir sedang menyiapkan sesi pendanaan baru dengan target funding sebesar 2 miliar dollar untuk membiayai ekspansi ke nagara-negara tetangga. Adapun Grab sebenarnya didirikan di Malaysia, namun belakangan memindahkan markasnya ke Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com