LG Resmikan Ponsel 5 Kamera V40 ThinQ

Kompas.com - 04/10/2018, 11:37 WIB
Smartphone LG V40 ThinQ LGSmartphone LG V40 ThinQ
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah didului serangkaian bocoran dan teaser, LG V40 ThinQ kini telah resmi meluncur. Peresmian ini merupakan kali kedua setelah V40 ThinQ sebelumnya diumumkan di Korea Selatan pada akhir bulan lalu.

LG V40 mengusung fitur andalan barupa 5 kamera, yang terdiri dari 3 kamera belakang dan 2 kamera depan. Konfigurasi kamera depan memiliki resolusi masing-masing 8 megapiksel dan 5 megapiksel.

Ketiga kamera belakang V40 terdiri atas kamera 12 megapiksel dengan lensa wide angle berbukaan  f/1.5, kamera 16 megapiksel dengan lensa super wide angle f/1.9, dan kamera 16 megapiksel dengan lensa telephoto f/2.4 untuk portrait.

Uniknya, kamera wide angle ( f/1.5 12 megapiksel) di V40 ThinQ memiliki ukuran piksel yang 40 persen lebih besar (1,4 mikrometer ) dari pendahulunya (G7 ukuran 1 mikrometer), sehingga menjanjikan kualitas tangkapan gambar yang lebih baik.

Di sisi kamera telephoto, selain memiliki  2x optical zoom, LG juga menambahkan efek lighting tambahan seperti natural, studio, contour, stage, dan stage mono. Fitur lighting tambahan ini diklaim akan mempercantik dan mempertajam hasil foto portrait di berbagai kondisi pencahayaan.

Baca juga: LG Pamer Kemampuan V40 Merekam Foto Bergerak "Cinemagraph"

Pada sisi software, kecerdasan buatan (AI) dipakai untuk mendeteksi jenis subyek foto dan mengatur parameter pemotretan secara otomatis, untuk mengoptimalkan hasil foto. Ada pula dukungan Google Lens untuk indentifikasi benda-benda dalam foto.

LG turut menyematkan 2 fitur baru untuk kamera V40 ThinQ, yaitu  “triple preview”, untuk melihat hasil jepretan live-preview dari tiga kamera secara bersamaan, dan "triple shot” untuk melihat hasil jepretan dari 3 angle yang berbeda. 

Spesifikasi dan harga LG V40 ThinQ

Bagian depan dan belakang Lg V40 ThinQ.LG Bagian depan dan belakang Lg V40 ThinQ.
LG V40 ThinQ memiliki layar OLED 6,4 inci dengan notch alias poni di bagian atas yang memuat kamera depan. Dapur pacunya mengandalkan chip Snapdragon 845, berikut RAM 6 GB dan storage 64 GB yang bisa ditambah dengan microSD.

Adapun baterainya berkapasitas 3.300 mAh dengan dukungan wireless charging, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (4/10/2018).

LG V40 ThinQ masih memiliki headphone jack 3,5 mm serta kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68. Fitur audio ala seri V dari LG turut hadir, termask 32-bit quad DAC dan speaker Boombox.

Sistem operasi yang dijalankan oleh LG V40 ThinQ adalah Android Oreo. Belum ada kejelasan kapan LG V40 akan mendapatkan update Android Pie.

Untuk harga, penggemar LG harus merogoh kocek cukup dalam untuk meminang V40 ThinQ. Di pasar Amerika Serikat, LG V40 dibanderol harga sekitar 900 dollar AS atau lebih dari Rp 13 juta.

Masih belum diketahui kapan LG V40 ThinQ akan mulai dipasarkan di Indonesia, begitupun dengan harganya. Biasanya, ponsel LG seri V hadir di Tanah Air menjelang akhir tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X