Kematian Gara-gara Selfie Paling Banyak Terjadi di Dua Tempat Ini

Kompas.com - 05/10/2018, 09:41 WIB
IlustrasiThinkstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri bahwa selfie alias swafoto telah menjadi salah kebutuhan untuk eksis di era digital, didukung pula kamera smartphone yang semakin lama semakin mumpuni.

Para penggemar selfie kerap berupaya menjepret foto yang unik di lokasi-lokasi berbahaya dan sering abai atas keselamatan diri sendiri. Walhasil, nyawa pun bisa melayang.

Sebuah studi dari All India Institue of Medical Science mengungkapkan bahwa sejak Oktober 2011 hingga November 2017 ada 259 orang di berbagai belahan dunia yang tewas gara-gara selfie.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Family Medicine and Primary Care edisi bulan Juli-Agustus 2018 menjelaskan sejumlah penyebab kematian selfie berikut jumlah korbannya.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan mengenai dua jenis tempat yang paling berbahaya dan mematikan untuk melakukan selfie.

Air

Korban tewas gara-gara selfie paling banyak terjadi karena tenggelam. Menurut studi, setidaknya ada 70 kejadian selfie yang berujung maut karena sebab ini kurun waktu enam tahun terakhir.

Para korban antara lain tenggelam karena tersapu gelombang, megabaikan peringatan bahaya di pantai, dan mengalami perahu terbalik.

Tiap kejadian celaka saat selfie di lingkungan yang berkaitan dengan air juga rawan menelan banyak korban sekaligus karena studi mencatat jumlah korban tewas 70 orang tadi ditimbulkan oleh jumlah kasus tak sampai setengahnya, hanya 32.

Transportasi dan ketinggian

Lokasi kedua palling mematikan untuk selfie adalah yang berkenaan dengan alat transportasi.

Misalnya saja mengambil foto di rel sebelum kereta datang, seperti yang pernah terjadi di India. Kematian akibat selfie di area transportasi menyebabkan 51 jiwa melayang dengan 28 kejadian.

Apabila dilihat dari jumlah kasus, selfie mematikan paling sering terjadi di tempat tinggi, entah gedung, tebing, atau yang lain. Para korban tewas karena terjatuh saat berupaya swafoto di tempat-tempat ini.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X