Petunjuk Tentang Ponsel Lipat Samsung Ditemukan dalam File Android Pie - Kompas.com

Petunjuk Tentang Ponsel Lipat Samsung Ditemukan dalam File Android Pie

Kompas.com - 05/10/2018, 11:26 WIB
Android PieAndroid Authority Android Pie

KOMPAS.com - Setahun belakangan, bocoran ponsel lipat Samsung semakin banyak beredar. Jika selama ini bocorannya berupa konsep ponsel lipat, kini muncul rumor soal sektor software.

XDA Developer menemukan beberapa petunjuk tentang ponsel lipat Samsung yang ditemukan dari dekompilasi file framework pembaruan Android 9 Pie untuk Galaxy S9. Dari penemuannya, diketahui bahwa ponsel lipat Samsung menggunakan kode nama "Winner".

Dalam file tersebut, tertulis kode nama "winnerlte" yang mengindikasikan bahwa ponsel itu -yang disebut-sebut akan menjadi seri Galaxy F- akan mengadopsi chipset Exynos besutan Samsung.

Sebab, jika menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, kemungkinan kodenya adalah "winnerqlte".

Prediksinya, chipset yang kemungkinan digunakan antara Samsung Exynos 9810 atau 9820. Chip terakhir memang dirumorkan akan debut bersama lini Galaxy S10.

Baca juga: Samsung Amankan Tagline Ponsel Lipat Galaxy F

Nama file "winner" juga menyertakan kode "_us.xml", yang diperkirakan menjadi petunjuk pemasaran ponsel lipat, meski belum bisa dipastikan.

Dari petunjuk yang ada, kemungkinan besar ponsel lipat Samsung akan dijalankan dengan sistem operasi Android Pie, sebab petunjuknya muncul dalam konfigurasi file framework Android generasi kesembilan itu.

Rumor lain menyebut jika ponsel lipat Samsung akan memiliki layar berbentang 7 inci yang bisa dilipat seperti dompet.

Selain ponsel lipat, XDA Developer juga menemukan kemungkinan empat model lini Galaxy S10 dari file antarmuka Samsung Experience 10 yang belum meluncur.

Sanpdragon 8150

Tak hanya soal ponsel lipat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDA Developer, Kamis (4/10/2018), file framework yang sama juga menemukan petunjuk soal chipset Qualcomm Snapdragon 8150 yang belum diungkap ke publik.

Bocoran Android Pie tentang petunjuk ponsel lipat Samsung dan chipset Snapdragon 8150XDA Developer Bocoran Android Pie tentang petunjuk ponsel lipat Samsung dan chipset Snapdragon 8150
Seri chipset ini digadang-gadang akan menjadi penerus Snapdragon 845, yang saat ini banyak diadopsi perangkat smartphone papan atas.

Jika benar nantinya Qualcomm merilis chipset ini dengan nama seri 8150, skema penamaan chipset Qualcomm akan berubah kedepannya, dari biasanya menggunakan tiga angka menjadi empat angka.

Dari rumor yang lebih dulu menyeruak, Snapdragon 8150 akan menjadi chip pertama Qualcomm dengan NPU atau neural processing unit khusus untuk mengolah tugas-tugas terkait kecerdasan buatan (AI).

Komponen tersebut dikatakan bisa membantu chipset untuk memproses data aplikasi machine learning lebih banyak dan kompleks dan cepat.

NPU bukanlah hal baru, sebelumnya chipset Apple A11 Bionic dan Huawei Kirin 970 ltelah ebih dulu menyematkannya. Dari file yang ditemukan, Snapdragon 8150 kemungkinan akan ditanam di lini Galaxy S10, bukan ponsel lipat.

Baca juga: Snapdragon 855 Dipastikan Mendukung Fitur 5G

Hal ini sesuai dengan rumor sebelumnya yang mengatakan bahwa Galaxy S10 akan mendukung koneksivitas jaringan 5G.

Sebab, rumor awal menyebut bahwa chip Snapdragon 8150 -yang sebelumnya disebut sebagai Snapdragon 855- bakal kompatibel dengan modem Qualcomm Snapdragon X50 yang mendukung kemampuan jaringan 5G.



Close Ads X