Petunjuk Tentang Ponsel Lipat Samsung Ditemukan dalam File Android Pie

Kompas.com - 05/10/2018, 11:26 WIB
Android Pie Android AuthorityAndroid Pie

KOMPAS.com - Setahun belakangan, bocoran ponsel lipat Samsung semakin banyak beredar. Jika selama ini bocorannya berupa konsep ponsel lipat, kini muncul rumor soal sektor software.

XDA Developer menemukan beberapa petunjuk tentang ponsel lipat Samsung yang ditemukan dari dekompilasi file framework pembaruan Android 9 Pie untuk Galaxy S9. Dari penemuannya, diketahui bahwa ponsel lipat Samsung menggunakan kode nama "Winner".

Dalam file tersebut, tertulis kode nama "winnerlte" yang mengindikasikan bahwa ponsel itu -yang disebut-sebut akan menjadi seri Galaxy F- akan mengadopsi chipset Exynos besutan Samsung.

Sebab, jika menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, kemungkinan kodenya adalah "winnerqlte".

Prediksinya, chipset yang kemungkinan digunakan antara Samsung Exynos 9810 atau 9820. Chip terakhir memang dirumorkan akan debut bersama lini Galaxy S10.

Baca juga: Samsung Amankan Tagline Ponsel Lipat Galaxy F

Nama file "winner" juga menyertakan kode "_us.xml", yang diperkirakan menjadi petunjuk pemasaran ponsel lipat, meski belum bisa dipastikan.

Dari petunjuk yang ada, kemungkinan besar ponsel lipat Samsung akan dijalankan dengan sistem operasi Android Pie, sebab petunjuknya muncul dalam konfigurasi file framework Android generasi kesembilan itu.

Rumor lain menyebut jika ponsel lipat Samsung akan memiliki layar berbentang 7 inci yang bisa dilipat seperti dompet.

Selain ponsel lipat, XDA Developer juga menemukan kemungkinan empat model lini Galaxy S10 dari file antarmuka Samsung Experience 10 yang belum meluncur.

Sanpdragon 8150

Tak hanya soal ponsel lipat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDA Developer, Kamis (4/10/2018), file framework yang sama juga menemukan petunjuk soal chipset Qualcomm Snapdragon 8150 yang belum diungkap ke publik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X