Jutaan "Link" Rusak di Wikipedia Berhasil Diperbaiki - Kompas.com

Jutaan "Link" Rusak di Wikipedia Berhasil Diperbaiki

Kompas.com - 05/10/2018, 15:07 WIB
Wikipediaist Wikipedia

KOMPAS.com - Wikipedia sering menjadi rujukan instan untuk mencari tahu sebuah informasi. Sayangnya, pengunjung Wikipedia kerap dikecewakan dengan tautan yang menjadi rujukan untuk mendalami topik tertentu.

Tautan-tautan yang biasanya berasal dari portal berita, institusi atau lembaga itu tak jarang rusak atau tidak bisa dibuka. Biasanya, pengunjung akan mendapati sebuah tautan dengan keterangan "404 error/page not found" yang berarti, tautan yang dirujuk sudah tidak tersedia.

Hal itu menyebabkan kredibilitas Wikipedia ikut menurun. Untungnya, relawan dari Internet Archive - perpustakaan digital nirlaba- telah memperbaiki jutaan tautan yang rusak di 22 situs Wikipedia dalam berbagai bahasa.

Sehingga, tautan yang tadinya tidak dapat terbuka, kini bisa kembali diakses. Internet Archieve telah mengumpulkan catatan setiap laman web sejak tahun 1996 dan mengamankan total 338 miliar halaman web, termasuk tautan-tautan yang rusak di Wikipedia.

Baca juga: Wikipedia Buru 20 Juta Foto Artefak Museum yang Terbakar

Mark Graham, Director Wayback Machine yang diluncurkan Internet Archieve, sesumbar jika tautan yang rusak di Wikipedia telah diperbaiki karena mereka diarsipkan di Wayback Machine. Wayback Machine adalah layanan pengarsipan digital yang menyimpan laman web dari lintas waktu.

Tampilan Wikipedia sebelum (kiri) dan sesudah diperbaiki (kanan)Blog Archieve Tampilan Wikipedia sebelum (kiri) dan sesudah diperbaiki (kanan)
Menurut Graham, selama lebih dari lima tahun, Internet Archieve telah mengarsipkan setiap URL yang dirujuk di hampir 300 situs Wikipedia, sebelum tautan awal ditambahkan atau diubah, yang jumlahnya sekitar 200 juta per minggu.

Baca juga: Lawan Hoax, YouTube Sertakan Link Wikipedia di Video

"Dalam tiga tahun terkahir, kami telah menjalankan software robot bernama IABot di 22 Wikipedia berbahasa untuk mencari tautan-tautan yang rusak (yang berubah menjadi '404' atau 'Page Not Found')," jelas Graham.

Setelah IABot menemukan tautan yang rusak, ia mencari di pengarsipan Wayback Machine dan arsip laman lain untuk menggantikan mereka. Hingga hari ini, Graham mengklaim jika Internet Archieve telah memperbaiki dan menyunting URL sekitar 6 juta tautan referensi dari pihak ketiga.

Selain itu, anggota komunitas Wikipedia telah memperbaiki 3 juta tautan secara individual, sehingga total tautan diperbaiki berjumlah 9 juta.

Dilansir KompasTekno dari blog resmi Internet Archieve, Jumat (5/10/2018), Graha dkk akan terus bekerja sama dengan Wikimedia Foundation dan komunitas Wikipedia di seluruh dunia untuk menyediakan alat dan layanan yang lebih canggih untuk mendukung sumber terpercaya yang direfrensikan Wikipedia.



Close Ads X