Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Aplikasi Instagram Dirilis...

Kompas.com - 06/10/2018, 10:51 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini delapan tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Oktober 2010, jejaring sosial berbagi foto "Instagram" mulai rilis perdana di Apple App Store

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggunggah foto yang bisa diedit dengan berbagai filter. Kelak, sejumlah fitur baru muncul, misalnya berbagi video, tag, serta informasi lokasi.

Peluncuran Instagram menjadi terobosan terbaru dalam hal jejaring sosial berbasis foto dan video. Instagram pun menjadi aplikasi populer. Hingga kemudian, pada April 2012, Facebook mengakuisisi Instagram.

Mengutip TechCrunch, Instagram menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak. Bahkan, pada 18 Juni 2018 pengguna aktifnya mencapai mencapai 1 miliar.

Baca juga: Cerita Pendirian Instagram yang Terinspirasi Kamera Plastik Murah

Berawal dari Burbn

Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger (kiri)Tech Crunch Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger (kiri)

Instagram berawal dari gagasan yang dibawa Kevin Systrom dan Mike Krieger. Keduanya merupakan lulusan dari Stanford University, Amerika Serikat.

Pengalaman bekerja di Twitter dan Google membuat mereka ingin mengembangkan usahanya sendiri. Berawal dari pengalaman itu, keduanya kemudian mengembangkan Burbn.

Burbn merupakan proyek pengembangan aplikasi berbasis lokasi yang dipadukan dengan fotografi mobile. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto dan melakukan "check in" di suatu lokasi yang dikunjungi,

Namun, dilansir dari New York Times, Systrom kemudian merasa aplikasi itu terlalu mirip dengan aplikasi berbagi lokasi yang sudah populer terlebih dulu, Foursquare.

Kemudian, Systrom dan Krieger memutuskan untuk fokus mengembangkan aplikasi berbagi foto dan video, disertai fitur "likes" dan "comments".

Baca juga: Bayang-bayang Iklan Menghantui Masa Depan Instagram

Pengembangan aplikasi ini akhirnya dinamakan Instagram. Penamaan itu perpaduan "instant" dengan "gram" yang berasal dari kata "telegram". Maksudnya, aplikasi ini diharapkan seperti telegram yang memberikan informasi cepat, dan tersaji instan.

Pada Juli 2010, Kevin mem-post foto pertamanya ke Instagram. Dalam foto itu, terlihat seekor anjing di Mexico dan kaki seorang gadis sebagai percobaan.

Akhirnya, pada 6 Oktober 2010, Instagram resmi dirilis melalui App Store untuk perangkat berbasis iOS. Pengguna mulai tertarik dengan aplikasi ini.

Banyaknya pengguna yang mengunduh Instagram membuat Facebook mulai tertarik. Pada 2012, Instagram menerima tawaran dari Facebook dengan nilai yang mencapai 1 miliar dollar AS.

Fitur Instagram Kini

Ilustrasi Instagram StoriesInstagram Ilustrasi Instagram Stories

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com