Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Tiru Fitur Peta Milik Snapchat

Kompas.com - 06/10/2018, 18:19 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Setelah membuat fitur stories untuk platformnya dan Instagram, Facebook kembali meniru salah satu fitur andalan milik Snapchat. Kali ini, perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu menyiapkan sebuah peta yang mirip dengan Snap Map.

Peta tersebut pada dasarnya berfungsi untuk menunjukkan di mana saja posisi atau lokasi dari rekan-rekan si pengguna.

Ketika fitur ini dinyalakan, secara otomatis akan muncul gambar peta lengkap beserta foto profil teman-teman pengguna dan detail lokasi mereka berada.

Fitur ini diketahui masih dalam tahap uji coba dan belum dapat dinikmati oleh seluruh pengguna. Baru segelintir pemgguna saja yang mendapat keistimewaan untuk ikut mencoba fitur ini.

Juru bicara Facebook pun telah membenarkan bahwa peta tersebut memang tengah dipersiapkan oleh pengembang. Kendati sudah mengonfirmasi, ia tak menyebutkan kepastian kapan fitur ini akan dirilis secara massal untuk semua pengguna.

Facebook sendiri sejatinya sudah memiliki fitur serupa sejak lama yakni "Nearby Friends". Perbedaannya, "Nearby Friends" hanya menampilkan siapa saja teman yang ada di lokasi terdekat, dan tidak menampilkan posisi teman secara live di dalam peta.

Namun fitur tersebut sempat dihentikan karena dianggap mengganggu privasi.

Baca juga: Mirip Snapchat, Pengguna Instagram Kini Bisa Follow dengan Nametag

Facebook dalam satu minggu terakhir memang tengah menambah beberapa fitur baik untuk pengguna Facebook sendiri maupun anak perusahaannya, Instagram.

Dua di antaranya diadopsi dari media sosial Snapchat. Fitur tersebut yakni penggunaan nametag untuk saling memfollow di Instagram dan serta fitur untuk melindungi diri dari perilaku buruk di Facebook.

Ini pun bukan pertamakalinya Facebook menjiplak Snapchat, seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Sabtu (6/10/2018),. Sebelumnya, Facebook membenamkan kemampuan Stories yang jadi andalan Snapchat pada Instagram, WhatsApp, Messenger dan Facebook itu sendiri.

Baca juga: 50 Juta Akun Facebook Dibobol, Pengguna Instagram Wajib Waspada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com