“Update” Terbaru Windows 10 Dilaporkan Menghapus Data Pengguna - Kompas.com

“Update” Terbaru Windows 10 Dilaporkan Menghapus Data Pengguna

Kompas.com - 07/10/2018, 15:11 WIB
Wallpaper khas Windows 10.Microsoft Wallpaper khas Windows 10.

KOMPAS.com - Pembaruan software tidak selalu memberi perbaikan. Update Windows 10 Oktober 2018 (versi 1809)  justru dikabarkan menghapus data pengguna.

Keluhan mulai bermunculan dari para pengguna Windows 10 di forum online Reddit, berikut situs dukungan teknis milik Microsoft sendiri.

"Pembaruan Windows 1809 menghapus folder dokumen, gambar, musik, dan video saya,” keluh seorang pengguna Reddit bernama Nordrynn.

"Data di folder dokumen di drive D: saya hilang begitu saja. Padahal drive ini tidak diatur sebagai library dokumen dan tidak terdaftar dalam drive sistem“ ungkap pengguna forum lain bernama WeirdoShaw.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Minggu (7/10/2018), aneka data itu benar-benar terhapus dari komputer, bukan sekadar disembunyikan atau dipindahkan.

Ada seorang pengguna yang berupaya melakukan restore untuk kembali ke versi sistem operasi sebelumnya, tapi tetap tak berhasil mengembalikan dokumen yang telah terhapus.

Ditunda Microsoft

Pihak Microsoft telah mengkonfirmasi adanya masalah dalam update OS Windows 10 untuk Oktober 2018 (versi 1809). Raksasa software itu pun bertindak dengan menangguhkan update dimaksud.

"Kami telah menunda distribusi pembaruan Windows 10 (versi 1809) kepada semua pengguna, dan sedang menyelidiki masalah kehilangan data setelah update ini." ujar pihak Microsoft pada laman web resminya.

Di sisi lain, pembaruan Windows versi 1809 diklaim membawa perubahan dalam sisi produktifitas dengan adanya fitur manajemen device serta kemudahan untuk para IT developer.

Hingga saat ini, pihak Microsoft masih belum mengetahui sebab pasti kenapa pembaruan menghapus data pribadi dan sedang melakukan investigasi terkait masalah pembaruan versi 1809.

Pengguna disarankan tetap waspada akan masalah yang bisa  terjadi dengan melakukan backup data mereka sebelum memperbarui sistem operasi.


Close Ads X