Video di Instagram Stories Sekarang Bisa Lebih Lama dari 15 Detik? - Kompas.com

Video di Instagram Stories Sekarang Bisa Lebih Lama dari 15 Detik?

Kompas.com - 07/10/2018, 17:36 WIB
Ilustrasi Instagram StoriesInstagram Ilustrasi Instagram Stories

KOMPAS.com - Durasi unggahan video di Instagram Stories selama ini dibatasi hanya 15 detik sehingga mungkin terasa terlalu singkat untuk sebagian pengguna. Video pun perlu diunggah secara terpisah apabila ingin berdurasi lebih panjang.

Ke depan, pengguna Stories agaknya akan bisa mengunggah video lebih lama dari 15 detik dalam sekali perekaman. Indikasi mengenai hal tersebut belakangan mengemuka dalam sebuah video bocoran yang diunggah seorang pengguna forum online Reddit.

Dalam video rekaman screen capture Instagram itu, terlihat sang pengguna bisa terus merekam video stories melewati batas durasi 15 detik. Hanya saja, Instagram tampak secara otomatis membelah video menjadi beberapa klip.

Tiap kali durasi video melewati 15 detik, sebuah thumbnail baru muncul di atas tombol record untuk memberitahukan si pengguna bahwa perekaman sudah dipecah menjadi segmen baru.

Menurut keterangan yang dirangkum KompasTekno dari Android Police, Minggu (7/10/2018), masing-masing klip video hasil pembelahan tadi bisa ditambahi teks dan aneka efek sendiri yang berbeda dari klip lain sebelum atau setelahnya.

Belum semua pengguna bisa melihat perubahan fitur ini di aplikasi Instagram. Kemungkinan ia akan digulirkan secara bertahap, kalaupun benar bakal diterapkan secara resmi oleh Instagram.

Mekanisme pembelahan video Instagram Stories untuk mengakali batasan durasi 15 detik semacam ini sebenarnya sudah beberapa lama dilakukan oleh beberapa aplikasi pihak ketiga.

Di platform Android, misalnya, ada aplikasi Story Cutter for Instagram yang melakukan hal serupa. Sementara pengguna iOS antara lain bisa memakai aplikasi bernama Cutstory.

Bedanya, kali ini mungkin fitur pembelahan video stories menjadi beberapa segmen itu akan didukung secara resmi, langsung dari Instagram tanpa harus mengandalkan aplikasi lain. 



Close Ads X