Xiaomi Mi A2 Dikeluhkan Boros Baterai

Kompas.com - 08/10/2018, 11:06 WIB
Xiaomi Mi A2 diresmikan dalam sebuah acara peluncuran di kota Madrid, Spanyol pada Selasa (24/7/2018). Yudha Pratomo/KOMPAS.comXiaomi Mi A2 diresmikan dalam sebuah acara peluncuran di kota Madrid, Spanyol pada Selasa (24/7/2018).

KOMPAS.com - Xiaomi Mi A2 hadir dengan berbagai keunggulan, baik dari spesifikasi maupun sistem operasinya yang murni Android One. Namun, ada masalah pada komponen baterai yang belakangan banyak dikeluhkan.

Beberapa pengguna mengeluhkan hanya bisa menghabiskan waktu tiga hingga empat jam di depan layar Mi A2. Setelahnya, ponsel bakal kehabisan daya dan minta diisi ulang.

Hal ini terbilang aneh, sebab Mi A2 hadir dengan baterai berkapasitas 3.010 mAh. Meski tak besar, tetapi normalnya baterai tersebut bisa bertahan sekitar enam hingga delapan jam.

Hingga kini Xiaomi belum memberikan pernyataan resmi terkait masalah pada baterai Mi A2. Kendati begitu, sebuah diskusi di forum online LinusTechTips memberikan gambaran kasar atas apa yang terjadi.

Berdasarkan pengamatan dari para tech-savvy, masalah baterai pada Mi A2 dipicu bug yang terletak pada CPU dan berkaitan dengan fitur pemindai sidik jari (fingerprint scanner), dihimpun KompasTekno, Senin (8/10/2018), dari AndroidAuthority.

Bug menyebabkan delapan core pada CPU Mi A2 bekerja dengan kecepatan maksimal meski ponsel dalam keadaan diam. Mekanisme ini menguras baterai dengan sangat cepat.

Baca juga: Xiaomi Mi A1 Meledak Saat Di-charge Sambil Ditinggal Tidur

Belum diketahui dari mana asal bug tersebut. Namun, beberapa pengguna mencoba menonaktifkan fitur fingerprint scanner dan baterai mereka lebih tahan lama.

Jadi, sembari menunggu penjelasan dan solusi dari Xiaomi, ada baiknya pengguna Mi A2 yang mengalami masalah baterai segera menonaktifkan fingerprint scanner. Selamat mencoba!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X