Facebook Messenger Bakal Bisa Diperintah Suara? - Kompas.com

Facebook Messenger Bakal Bisa Diperintah Suara?

Kompas.com - 08/10/2018, 12:24 WIB
Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, MessengerARUN SANKAR / AFP Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger

KOMPAS.com - Facebook terus berupaya menambah fitur di layanannya. Salah satu fitur baru yang dikabarkan sedang diuji coba adalah voice command (perintah suara) di layanan pesan instan Messenger, layaknya Google Assistant. 

Fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol berlogo “M” di atas jendela percakapan. Bocoran foto fitur voice command di Messenger yag beredar menunjukkan lokasi tombol "M" berada di sebelah tombol kamera.

Dengan mengeklik tombol 'M', pengguna dapat mulai berinteraksi dengan asisten virtual bernama 'M', yang akan muncul di daftar percakapan.

Jika percakapan dibuka, 'M' akan mendengarkan perintah suara pengguna, dan menjawabnya layaknya Google Assistant. Kemampuan lainnya mencakup mengirim pesan, menelepon, dan membuat jadwal/pengingat tanpa harus repot-repot mengetik.

Ilustrasi fitur voice command di Facebook Messenger.TechCrunch Ilustrasi fitur voice command di Facebook Messenger.

Seperti dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Senin (8/10/2018), pihak Facebook telah mengonfirmasi bahwa benar timnya tengah mengembangkan fitur inovatif ini secara internal.

Baca juga: Resmi, Rekam Pesan Suara di WhatsApp Tak Perlu Tahan Tombol Lagi

"Kami selalu bereksperimen dengan sesuatu yang baru dengan para staf kami." sebut juru bicara Facebook yang enggan disebut namanya.

Ilustrasi sticker Augmented Reality di Facebook Messenger.TechCrunch Ilustrasi sticker Augmented Reality di Facebook Messenger.
Untuk tampil beda dari platform percakapan lain, Messenger serius dalam mengubah desain aplikasinya, dengan menerapkan tampilan kaya akan fitur yang bisa digunakan untuk berkomunikasi visual, seperti Facebook Stories dan filter kamera Augmented Reality.   

Namun demikian, mereka belum memberi tahu kapan fitur perintah suara ini disematkan dalam chatting platform tersebut.

"ini (Facebook M) bukan prioritas kita sekarang," pungkas David Marcus, mantan kepala divisi Facebook Messenger.

Seperti diketahui, Facebook sedang mencoba berbagai fitur baru selain ini. Ada fitur Aloha, platform video mirip IGTV,  fitur History dan peta, dan fitur Augmented Reality.



Close Ads X