Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google+ Bocorkan Data, Begini Cara Cek dan Hapus Akun

Kompas.com - 09/10/2018, 13:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jejaring sosial Google+ bakal segera tutup usia dalam hitungan bulan. Hal ini menyusul ditemukannya celah keamanan (bug) pada layanan tersebut yang berdampak pada 500.000 akun pengguna.

Bagi Anda yang tak tahu apakah punya akun Google+, bisa segera mengeceknya. Tak perlu tunggu hingga Google memberantas layanan tersebut, Anda pun bisa menghapus sendiri akun Google+ jika mau.

Untuk mengecek ada atau tidaknya akun Google+, Anda harus terhubung (sign in) ke akun Google. Ketika membuka homepage Google via desktop, klik foto profil yang tertera pada sisi kanan atas.

Mengecek ada atau tidaknya akun Google+.BusinessInsider Mengecek ada atau tidaknya akun Google+.

Antarmuka bakal memunculkan jendela (window) yang menyematkan informasi akun Google Anda. Cek apakah ada tautan bertuliskan “Google+ Profile” di bawah nama dan alamat e-mail Anda.

Jika ada, artinya Anda memiliki akun Google+. Klik tautan itu untuk masuk ke profil Google+ dan melancarkan langkah selanjutnya, yakni menghapus akun.

Baca juga: Google+ Ditutup setelah Ketahuan Bocorkan Data Pengguna

Ketika masuk ke antarmuka Google+, pilih “Settings” di sisi kiri bagian agak bawah. Antarmuka akan menampilkan berbagai opsi penyetelan dalam mengoperasikan Google+.

Menghapus akun Google+ di opsi Settings.BusinessInsider Menghapus akun Google+ di opsi Settings.

Gulir layar ke paling bawah hingga Anda menemukan opsi “delete your Google+ profile” (hapus profil Google+ Anda). Klik opsi tersebut, dan tekan “yes” jika Anda diminta konfirmasi kembali.

Google akan memberi tahu jika akun Google+ Anda telah berhasil terhapus. Sebelum benar-benar beranjak dari laman, Anda perlu menuliskan alasan menghapus akun.

Ada beberapa opsi yang bisa dicentang, mulai dari memiliki profil Google+ lain, tak mengerti cara penggunaan, tak ingin ada yang melihat profil, hingga opsi “other” untuk pilihan lainnya yang tak tertera. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com