Kompas.com - 09/10/2018, 13:24 WIB
Google Plus Digital TrendsGoogle Plus

KOMPAS.com - Jejaring sosial Google+ bakal segera tutup usia dalam hitungan bulan. Hal ini menyusul ditemukannya celah keamanan (bug) pada layanan tersebut yang berdampak pada 500.000 akun pengguna.

Bagi Anda yang tak tahu apakah punya akun Google+, bisa segera mengeceknya. Tak perlu tunggu hingga Google memberantas layanan tersebut, Anda pun bisa menghapus sendiri akun Google+ jika mau.

Untuk mengecek ada atau tidaknya akun Google+, Anda harus terhubung (sign in) ke akun Google. Ketika membuka homepage Google via desktop, klik foto profil yang tertera pada sisi kanan atas.

Mengecek ada atau tidaknya akun Google+.BusinessInsider Mengecek ada atau tidaknya akun Google+.

Antarmuka bakal memunculkan jendela (window) yang menyematkan informasi akun Google Anda. Cek apakah ada tautan bertuliskan “Google+ Profile” di bawah nama dan alamat e-mail Anda.

Jika ada, artinya Anda memiliki akun Google+. Klik tautan itu untuk masuk ke profil Google+ dan melancarkan langkah selanjutnya, yakni menghapus akun.

Baca juga: Google+ Ditutup setelah Ketahuan Bocorkan Data Pengguna

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika masuk ke antarmuka Google+, pilih “Settings” di sisi kiri bagian agak bawah. Antarmuka akan menampilkan berbagai opsi penyetelan dalam mengoperasikan Google+.

Menghapus akun Google+ di opsi Settings.BusinessInsider Menghapus akun Google+ di opsi Settings.

Gulir layar ke paling bawah hingga Anda menemukan opsi “delete your Google+ profile” (hapus profil Google+ Anda). Klik opsi tersebut, dan tekan “yes” jika Anda diminta konfirmasi kembali.

Google akan memberi tahu jika akun Google+ Anda telah berhasil terhapus. Sebelum benar-benar beranjak dari laman, Anda perlu menuliskan alasan menghapus akun.

Ada beberapa opsi yang bisa dicentang, mulai dari memiliki profil Google+ lain, tak mengerti cara penggunaan, tak ingin ada yang melihat profil, hingga opsi “other” untuk pilihan lainnya yang tak tertera. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.