4 Hal Ini Sering Bikin Kesal Saat Main Game di Smartphone - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Realme

4 Hal Ini Sering Bikin Kesal Saat Main Game di Smartphone

Kompas.com - 09/10/2018, 16:59 WIB
Ilustrasi bermain game di smartphoneSHUTTERSTOCK Ilustrasi bermain game di smartphone

KOMPAS.com – Pernah Anda bermain game di smartphone untuk mengisi waktu luang? Misalnya ketika menunggu kereta, saat di perjalanan, atau pada jeda sebelum rapat kantor. Kalau ya, berarti Anda tidak sendirian. 

Berdasarkan riset lembaga firma game Newzoo, pada 2017 lalu Indonesia memiliki sekitar 43,7 juta gamer. Dari angka tersebut 45 persennya merupakan gamer yang bermain menggunakan tiga platform, yakni konsol, komputer, dan smartphone.

Hal itu menandakan bahwa seiring berkembangnya teknologi smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tapi juga dijadikan sebagai sarana hiburan, seperti bermain game. 

Banyak alasan yang melatarbelakangi smartphone menjadi platform  game saat ini. Mulai dari bisa dimainkan di mana saja, praktis, hingga banyak game yang dapat dimainkan secara cuma-cuma alias gratis. 

Tapi, di balik kepraktisannya, bermain game lewat smartphone juga sering bikin kesal pemainnya. Jaringan internet yang tidak stabil menjadi salah satu kendala yang paling sering terjadi. 

Lalu, apa lagi yang suka bikin kesal saat main game di smartphone? Berikut ini rangkuman yang dibuat Kompas.com:

Download data tambahan setelah diinstal

Anda yang sering bermain game di smartphone pasti pernah mengalami hal ini. Setelah menginstal game berukuran besar, Anda terkadang diharuskan kembali mengunduh data tambahan yang juga berukuran besar. 

Proses pengunduhan data tambahan di dalam aplikasi ini merupakan strategi yang diterapkan oleh pengembang game untuk memaksimalkan fitur dalam game. Selain itu, data tambahan ini juga berfungsi agar game berjalan lancar ketika dimainkan. 

Loading lama

Permasalahan kedua yang sering membuat kesal saat main game di smartphone adalah proses loading yang lama. 

Banyak faktor yang menyebabkan proses loading game memakan waktu cukup lama. Itu bisa terjadi lantaran koneksi internet yang tidak stabil atau jelek. Atau, bisa juga akibat keterbatasan perangkat keras pada smartphone Anda. 

Ilustrasi tampilan game smartphoneSHUTTERSTOCK Ilustrasi tampilan game smartphone

Maintenance server

Situasi lain yang suka bikin kesal adalah ketika sudah tak sabar ingin bermain game, ternyata server game sedang dalam proses pemeliharaan atau perbaikan (maintenance). Tak jarang proses ini membutuhkan waktu cukup lama.

Keinginan untuk bersantai sambil bermain game pun terpaksa harus ditunda untuk beberapa saat. Kesal kan?

Selama proses perbaikan server biasanya pihak pengembang melakukan berbagai perbaikan, perawatan, hingga penambahan fitur baru. Proses maintenance sendiri diperlukan agar pemain terhindar masalah seperti bug, hack, dan glitch. 

Lemot

Anda pernah kesal karena game yang tiba-tiba tersendat atau lag? Apalagi ketika game tiba-tiba tersendat saat sedang war atau momen penting lainnya. Nah, ini bisa saja membuat peringkat game Anda turun atau bahkan kalah. 

Ada banyak kemungkinan bisa menyebabkan hal itu. Salah satunya karena kapasitas random access memory (RAM) yang kurang mumpuni.

Seperti yang diketahui, RAM merupakan penentu "lemot" atau tidaknya performa smartphone. 

Namun, ternyata tidak hanya RAM yang memengaruhi performa smartphone. Keberadaan cip memori internal juga tak kalah pentingnya.

Keping memori internal berfungsi untuk menopang semua file di dalam smartphone, termasuk foto, musik, aplikasi, hingga game. 

Ada beberapa chip memori yang lazim digunakan untuk smartphone saat ini, salah satunya adalah UFS atau universal flash storage.

Melansir laman phonearena.com, teknologi UFS merupakan teknologi penyimpanan yang memungkinkan proses membaca dan menulis pada memori smartphone terjadi secara bersamaan sehingga memiliki performa lebih cepat. 

Saat ini sudah cukup banyak smartphone menggunakan UFS sebagai cip memorinya, misalnya Realme 2 Pro. Dengan fitur UFS 2.1 yang tertanam di dalamnya, Anda bisa merasakan performa smartphone yang lebih cepat dan efisien termasuk, termasuk saat bermain game mobile.

Selain itu, smartphone yang resmi hadir di Indonesia sejak 9 Oktober 2018 ini memiliki kapasitas RAM besar, yaitu 8GB dengan kapasitas penyimpanan hingga 128GB.

Karenanya, jangan lupa perhatikan kapasitas dan performa memori smartphone yang digunakan untuk bermain game. Dengan begitu kegiatan bermain game Anda dapat lebih menyenangkan tanpa harus kesal dengan smartphone yang "lemot" dan tidak responsif.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: