Melihat Galaxy A7, Smartphone 3 Kamera Belakang Pertama Samsung - Kompas.com

Melihat Galaxy A7, Smartphone 3 Kamera Belakang Pertama Samsung

Kompas.com - 13/10/2018, 11:12 WIB
Lebih dekat dengan susunan tiga kamera belakang Galaxy A7 (2018)Wahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Lebih dekat dengan susunan tiga kamera belakang Galaxy A7 (2018)

KUALA LUMPUR,KOMPAS.com - Galaxy A7 (2018) akhirnya mulai beredar di pasar Indonesia. Keluarga baru Galaxy tersebut resmi menjadi smartphone pertama Samsung dengan tiga kamera di belakang.

Perubahan desain Galaxy A7 kali ini lebih kentara dibanding seri Galaxy A sebelumnya. Pasalnya, bagian punggung Galaxy A7 terbuat dari material kaca.

Warnanya pun lebih mencolok dengah sepuhan warna-warna seperti biru tua, pink, gold, dan hitam. Lantas, bagaimana wujud utuh Galaxy A7?

Isi Kotak

Isi kotak kemasan Galaxy A7, yakni satu unit Galaxy A7, charger micro USB, ejektor, dan earphone.Wahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Isi kotak kemasan Galaxy A7, yakni satu unit Galaxy A7, charger micro USB, ejektor, dan earphone.

Sebelum masuk ke ponsel triple-camera, tak ada salahnya menilik isi kotak kemasan Samsung Galaxy A7.

Seperti sebelum-sebelumnya, isi kotak kemasan perangkat Samsung berisi aksesoris seperti colokan charger, kabel micro USB, ejektor simcard, earphone, dan tentu saja buku panduan cepat.

Layar

Layar Galaxy A7 berbentang 6 inciWahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Layar Galaxy A7 berbentang 6 inci

Galaxy A7 berbekal layar Super AMOLED 6 inci infinity display, resolusi full HD Plus. Tidak ada notch (poni) seukuran apa pun di bingkai atas. Namun, bagian atas dan bawah layar masih tersisa bezel sedikit lebih tebal.

Berpindah ke bagian punggung, tampak desain yang cukup mewah dan segar dari Samsung. Tiga kamera belakang terususun vertikal di tepi kiri. Tepat di bawah ketiga lensa, tersemat LED flash untuk menunjang pencahayan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A7 di Indonesia

Galaxy A7 (2018)Wahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Galaxy A7 (2018)
Dengan bodi bermaterial kaca, punggung Galaxy A7 bisa merefleksikan bayangan obyek di depannya. Sementara itu, tidak ditemukan adanya sensor pemindai sidik jari yang biasa membulat di tengah punggung belakang.

Samsung memindahkan pemindai sidik jari ke sisi kanan perangkat, yang juga berfungsi sebagai tombol daya. Sensor tersebut bisa merekam hingga tiga jari untuk memudahkan membuka layar.

Di bagian bawah terdapat colokan headphone 3,5 mm, port micro USB untuk mengisi baterai berkapasitas 3.300 mAh, dan lubang speaker. Lalu di sisi kiri atas perangkat, terpatri laci yang digunakan untuk slot dua kartu SIM dan satu microSD.

Sisi kanan Galaxy A7Wahyunanda Kusuma Pertiwi/KOMPAS.com Sisi kanan Galaxy A7

Kamera

Sektor ini menjadi fitur kunci Galaxy A7. Konfigurasi kamera belakang meliputi sensor 8 megapiksel berlensa ultra-wide angle hingga 120 derajat, dengan aperture (bukaan) f/2.4.

Kemudian sensor kamera utama 24 megapiksel dengan lensa aperture f/1.7, dan kamera ketiga memiliki sensor resolusi 5 megapiksel untuk menangkap kedalaman obyek (depth camera) dengan lensa bukaan f/2.2.

Kamera belakang Gaalxy A7 dalam mode auto dengan wide angle (kiri) dan tanpa wide angleWahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Kamera belakang Gaalxy A7 dalam mode auto dengan wide angle (kiri) dan tanpa wide angle
Ketiga kamera didukung beberapa fitur untuk memudahkan pengguna memotret ala profesional dengan smartphone, seperti kemampuan memiih aperture, shutter, ISO, dan sebagainya.

Lalu di bagian depan, Samsung hanya menempelkan satu kamera dengan sensor resolusi 24 megapiksel, dengan lensa berbukaan f/2,2.

Meski tunggal, kamera ini dlengkapi dengan teknologi kecerdasan batan untuk menghasilkan foto bokeh di mode 'selfie focus'.

Hardware

Spesifikasi Galaxy A7 pada kotak kemasanWahyunanda Kusuma/KOMPAS.com Spesifikasi Galaxy A7 pada kotak kemasan

Untuk dapur pacu, Samsung Galaxy A7 diotaki chip Exynos 7885, CPU octa-core 2,2 GHz. Chipset tersebut sama dengan yang dipakai pendahulunya, Samsungn Galaxy A8.

Karena kamera menjadi fitur andalan, Samsung mengklaim dukungan prosesor tidak bisa sembarangan.

"Satu hal yang paling penting di sini (dukungan kamera) adalah prosesor. Prosesornya itu harus benar-benar mumpuni kemampuan empat kamera atau tiga kamera tadi,"  jelas Denny Gallant, Head of IT&Mobile Product Marketing Samsung Electronics Indonesia.

"Karena design engineering architecture di dalam perangkatnya (chipset) itu ter-integrated dan tergantung pada prosesor yang memiliki kapabilitas ISP (image signal processor) yang bagus," imbuhnya.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Ini Harga Samsung Galaxy A7 di Indonesia

Menurut Denny, prosesor yang ditanamkan di Galaxy A7 adalah yang berkualitas tinggi di kelasnya. Galaxy A7 akan menyediakan dua model kapasitas RAM 6 GB dan ROM 128 GB, serta RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Namun selama sesi pre-order pada 12-19 Oktober ini, hanya ada varian RAM 4 GB dan internal 64 GB saja.

Pihak Samsung menjanjikan akan menelurkan model kapasitas lainnya dalam dua minggu ke depan. Di Indonesia, Galaxy A7 dijual dengan harga mulai Rp 4,5 juta.


Close Ads X