Seperti WhatsApp, Pesan Terkirim Messenger Bakal Bisa Dihapus

Kompas.com - 14/10/2018, 16:00 WIB
Facebook Messenger Android PoliceFacebook Messenger

KOMPAS.com - Facebook kembali akan menambah fitur baru untuk layanan pesan instan Messenger buatannya. Fitur teranyar ini memungkinkan pengguna untuk menghapus atau menarik kembali pesan yang telah dikirim pada pengguna lain.

Fitur ini sejatinya serupa dengan milik WhatsApp yang dirilis pada 2017 lalu. Lewat fitur bernama "Unsend" pengguna akan dapat menghapus pesan yang terkirim di kedua belah pihak baik dari sisi pengirim maupun penerima.

Fitur unsend ini pertama kali diketahui oleh Jane Machun Wong, seorang pengguna Twitter dengan akun @wongjane. Lewat akun Twitternya ia mengunggah sebuah screenshot yang menunjukkan keberadaan fitur tersebut.

"Facebook Messenger akhirnya membuat fitur 'unsend message' untuk semua orang!" tulis Jane.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Minggu (14/10/2018), menurut keterangan Jane, pengguna akan diizikan untuk menghapus pesan yang dikirim jika telah melewati jangka waktu tertentu.

Baca juga: Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Ternyata Bisa Tetap Muncul

Kendati begitu tidak disebutkan berapa jangka waktu minimum sehingga pesan tersebut bisa dihapus.

Dari pantauan KompasTekno, fitur ini belum dirilis secara resmi untuk seluruh pengguna Messenger di dunia. Pasalnya kami telah mencoba mencari fitur ini dari beberapa akun berbeda dan masih belum terlihat keberadaannya.

Facebook sendiri belum memberi komentar terkait temuan ini. Namun 6 bulan lalu, Facebook memang mengumumkan akan menghadirkan fitur ini pada Messenger meski tak menjelaskan kapan tanggal pastinya.

Fitur "unsend" sejatinya telah hadir terlebih dahulu di aplikasi pesan instan WhatsApp. Pesan yang dikirim bisa dihapus lewat opsi delete for everyone.

Sebelumnya, Facebook pun diketahui tengah menguji coba fitur perintah suara pada Messenger. Lewat fitur tersebut pengguna dapat berinteraksi dengan asisten virtual bernama M yang muncul di daftar percakapan.

Facebook juga sedang mencoba berbagai fitur baru selain ini. Ada fitur Aloha, platform video mirip IGTV, fitur History dan peta, dan fitur Augmented Reality.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X