Jaringan Telkomsel dan XL Pulih 100 Persen Pasca-gempa Sulteng

Kompas.com - 14/10/2018, 19:23 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi

KOMPAS.com - Jaringan telekomunikasi Telkomsel dan XL Axiata diklaim telah pulih 100 persen pasca-gempa Donggala, dan tsunami Palu pada 12 Oktober 2018.

Telkomsel

Telkomsel telah berhasil melakukan pemulihan jaringan 100 persen pasca bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Masyarakat sudah dapat kembali melakukan aktivitas komunikasi voice, SMS, dan data dengan normal.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan membantu selama masa pemulihan jaringan kami pasca gempa," ujar Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (14/10/2018).

Masyarakat Palu dan Donggala serta pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pemulihan dikatakan Bob dapat menggunakan layanan komunikasi dengan normal tanpa ada suatu gangguan yang berarti.

Petugas bergotong-royong memperbaiki sarana BTS di lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala.Dok. Telkomsel Petugas bergotong-royong memperbaiki sarana BTS di lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala.
Telkomsel akan terus memantau site-site jaringan yang berpotensi mengalami gangguan dengan menyiapkan 218 mobile genset untuk catuan daya dan 3 mobile BTS.

Telkomsel juga menyiagakan 200 personel teknis yang ditempatkan di posko-posko monitoring, command center serta lokasi-lokasi BTS untuk melakukan troubleshoot dan back up genset.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

XL Axiata

Dalam waktu bersamaan, XL Axiata telah merampungkan pemulihan jaringan di seluruh Sulawesi Tengah (Sulteng) pasca-gempa 7,4 SR pada Jumat (28/10/2018) lalu. Dengan demikian, jaringan XL Axiata telah kembali seperti sebelum gempa.

"Jadi yang pulih ini seluruh jaringan, baik backbone maupun jaringan pendukung, seperti sebelum gempa," ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Petugas memastikan pasokan BBM untuk genset menara BTS XL di lokasi bencana Sulteng.Dok. XL Axiata Petugas memastikan pasokan BBM untuk genset menara BTS XL di lokasi bencana Sulteng.
Yessie menyebut, proses pemulihan jaringan antara lain meliputi perbaikan kabel fiber optic (FO), pemulihan site-site simpul, memobilisasi cluster jaringan di area-area terdekat dengan lokasi bencana, hingga mengerahkan mobile BTS (MBTS) dari Makassar.

Untuk mengatasi pasokan listrik, XL Axiata juga melakukan koordinasi dengan PLN setempat, mengerahkan genset ke setiap BTS, juga bahkan memperbaiki genset di BTS-BTS yang sempat rusak karena gempa.

Selain itu, karena genset juga membutuhkan pasokan BBM, maka tim di lapangan juga melakukan langkah-langkah mengamankan pasokan BBM.

Jaringan XL Axiata di Sulteng sendiri ditopang oleh total lebih dari 400 BTS, termasuk lebih dari 200 BTS 3G, dan sekitar 80 BTS 4G.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.