Oppo Patenkan "Wireless Charging" Terkencang di Dunia

Kompas.com - 15/10/2018, 10:11 WIB
Oppo patenkan wireless charging terkencang di industri. wccftechOppo patenkan wireless charging terkencang di industri.

KOMPAS.com - Oppo bakal melengkapi lini flagship-nya dengan sistem pengisian daya nirkabel (wireless charging) paling mumpuni di industri. Pasalnya, wireless charging itu dilengkapi teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Setidaknya begitu menurut bocoran paten teranyar yang diajukan Oppo. Paten tersebut tak menjelaskan secara spesifik bagaimana cara kerja wireless charging dengan fast charging tersebut.

Hanya saja, jika saat ini standar wireless charging adalah Q1 2.0 dengan pengantaran daya 10 watt, maka Oppo meningkatkannya menjadi 15 watt.

Secara garis besar, hal ini berkat sistem komunikasi dua arah antara sirkuit pengisian daya di dalam smartphone dengan stasiun pengisian nirkabel. Komunikasi dua arah itu memungkinkan aliran daya yang lebih cepat.

Bahkan, menurut sumber dalam, sistem wireless charging yang dipatenkan Oppo itu sejatinya bisa mengantarkan daya lebih dari 15 watt. Meski demikian, belum disebutkan berapa angka pastinya.

Sumber dalam sesumbar paten tersebut bakal direalisasikan ke lini Oppo keluaran 2019 mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (15/10/2018), dari Wccftech.

Baca juga: Oppo Find X Edisi Lamborghini Dirilis, Pertama dengan Super VOOC

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi vendor lain. Pasalnya, sistem wireless charging yang selama ini digunakan Apple dan Samsung hanya bisa mengantarkan daya maksimum 7,5 watt.

Kita tunggu saja hingga Oppo benar-benar merilis ponsel dengan wireless charging super cepat. Serta, seperti apa reaksi vendor lain menanggapi inovasi ini.

Baca juga: WiFi Ternyata Bukan Singkatan Wireless Fidelity

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.